Archive

Archive for May, 2007

Sponge Cake

May 31, 2007 9 comments

Papa maapkan daku, berangkatnya jadi kesiangan deh, pan abis bikin kue musti poto2 dulu, kekekek.. :D . Rate 1 sampe 10, kue bikinan hari ini masih dapet angka 5. Standar aja, belom uenak banget. Lain waktu diulang lagi… :)

Kintan juga suka! Tadi pas motong2 cakenya,
K: “Ma, au…” (Ma, mau)
M: “Ini sepotong kecil dulu ya cobain… “
K: *kres kres nyam nyam nyam*, “Agi ma, agi… au…” (lagi ma, lagi… mau…)
Horeee!!! Enak kann…
M: “Wiii suka ya? Papa mau?”
P: “bau susu banget” *nyengir*
Penonton: HUUUUUUUUU…!!!

Resepnya ngambil dari tabloid Saji edisi dahulu kala. Ditambahi setengah sendok teh essence Vanilla, wangiii…

Sponge Cake

Jurus2nya ada disini, lengkap!

Categories: cake

Devils Food

May 29, 2007 3 comments

Coklat banget sampe eneeggg… :(

Devils Food

Categories: Chocolate Cake

Cake Pisang

May 29, 2007 25 comments

Horeee nggak bantet lagi!

Kayaknya  nyampur putih telurnya nggak rata nih. Maklum ya bo, bikinnya starting from jam 10 malem ampe jam 12, kekekek…

Cake Pisang

Cake Pisang
Resepnya nyontek dari Dapur Mba Ine, hihihi…

Bahan:
150 gr mentega (aku pakai margarin)
175 gr gula bubuk
4 butir kuning telur
4 butir putih telur
3 buah pisang ambon

Campur dan ayak :
225 gr tepung terigu segitiga biru
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue

cara membuat :
- siapkan loyang olesi lagi dengan margarin dan tepung
- kocok putih telur sampai kaku
- kocok mentega dan gula bubuk hingga lembut
- masukkan kuning telur satu per satu sambil dikocok sampai putih mengembang.
- masukkan bergantian campuran bahan kering dan pisang, aduk perlahan.
- masukkan putih telur ke dalam adonan tadi, aduk rata.
- tuang ke dalam loyang, ratakan. Panggang sampai matang. (di ovenku sekitar 50 menit suhunya 170 derajat)

Categories: cake

Kursus Cake Decorating With Buttercream Kelas 1

May 28, 2007 33 comments

Baru kelas 1 nih, tapi udah bikin tangan pegel keju linu… Fotonya banyak yg under, tangan udah belepotan buttercream, mau nyetting2 ribet… (aslinya sih ga bisa nyettingnya, hihihi). Hasil kursus di Titan, 27 Mei 2007. Berangkat dianter papa (mmuachh!) tapi pulangnya pulang sendiri naik taksi soalnya belanjaannya sekarung, wakakakka…

bc-spatula-palet.jpg

Ini peralatan perang.

 

bu-gurumurid.jpg

Mba Fatman lagi ngajarin mba Nina n mba Dian, mereka ini temen sebangkuku, 2 orang ini pinter2 loh, cepet banget belajarnya. Ini lagi pelajaran bikin kerang berdiri, sementara aku masih belajar gimana bikin kerangnya, hihihi…

hiasan-kerang.jpg

Taraaa akhirnya kerangku jadi dan dianggap lulus oleh bu guru. Next mengejar ketertinggalan bikin kerang berdiri + tali temali.

hiasan-kerangkoma.jpg

Nah kalo yg ini namanya kerang koma.

hiasan-renda.jpg

Hiasan yg bawah itu namanya kerang berdiri, ini rada gampang. Lha diatasnya itu adalah tali sambung meyambung. Bikin talinya ini alamaaak… Ni hasilnya tanganku cenut2 ampe sekarang. Salahku juga, harusnya piping bag nya ga usah penuh2 ngisinya, jadi “mletet2″nya ga usah sampe sekuat tenaga… kalo yang atas itu hiasan renda2. Pas belajar pake buttercream putih bagus kan rendaku? pas di BC yang pake warna, hiahahhaha, buyarrrr…

hiasan-kerangtumpuk.jpg

Next, ini namanya kerang tumpuk. Setelah bikin kerang tumpuk, dihias pake hiasan spiral.

mawar.jpg

Mawar! Ampuuuuuuuunnn…..

bikin-motif.jpg

Setelah berbagai macam hiasan dicoba, pelajaran selaajutnya pake buttercream 2 warna. Ga boleh salah lagi :( karna ga bisa dihapus (kalo dihapus belepotan).

kue-yulia.jpg

Bagus ya? (bagus, karna motretnya dari jauh, hihihih). Ini nggak rapi nih, karna buru2 ngejar waktu, takut toko Titan yg di bawah keburu tutup (lho niat kursus apa niat belanja sih??). Blom tentu taon depan kesana lagi soalnya…

yulia-buguru.jpg

Poto sama mba Fatmah, hihihi….

mb-diansuami.jpg

Mba Dian dan suami tercinta. Nganter dan jemput + nungguin dengan setianya. Pak, aku salut padamu lho! hehehe…

Seharusnya setelah menghias cake dummy, dilanjutkan dengan menghias cake beneran. Tapi karna aku gak selesai, jadi cake lapis surabayanya dibawa pulang, buat PR di rumah. Tapi begitu sampe di rumah, Kintan langsung deh bagbigbug.

Kuhanya bisa menatap pilu kuenya dan berucap, “yahhhh….”

kintanmakankue.jpg

Categories: cake decorating, Kursus

[Gagal] Cake Blueberry Streusel

May 24, 2007 4 comments

Selamat selamat! *plok plok plok* BANTET LAGIII…

Cake Blueberry Streuseul Gagal

Cake Blueberry Streuseul Gagal

Cake Blueberry Streuseul Gagal

Streuselnya sih sukses, tapi cakenya, wadoh wadooh…
Ehem tenang2, ini cuma masalah jam terbang aja, besok tetep bikin kue lagiii… CAIYOO!

Categories: cake

PennyLane Brownies

May 23, 2007 9 comments

Buat sekretaris di Divisi kantor papa, mbak Lusi yang lagi hamil (dan mabok berat). Kemaren udah capek bolak balik ngurus SPJ papa ke Perancis, lha kok pulangnya papa nggak bawain oleh2, piye tooo…

Moga2 suka ya mbak Lusi :)

PennyLane’s Brownies

PennyLane Brownies
Recipe by Riana Ambarsari (muakasih ya mbak…)
Bahan:
4 butir telur
2 cup gula pasir (aku cuma pake sekitar 1 1/3 cup aja, anti bermanis2, hihihi)
1 cup minyak goreng
3/4 cup bubuk coklat
1 1/2 cup tepung terigu
1 sdt garam
2 sdt vanili
cincangan kacang tanah sangrai / panggang (aku pakai almond)

Cara Membuat :
Telur dikocok sampai mengembang.
Masukkan gula sambil dikocok terus. Masukkan bahan-bahan lainnya, adukperlahan-lahan sampai tercampur.
Olesi loyang dengan mentega, panaskan oven 350 F / 180 derajat celcius.
Tuang adonan ke loyang, panggang +/- 35 menit. Test dengan tusuk gigi/lidi yang bersih.
Dinginkan sebelum dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong.

Categories: cake

Buttercake Dasar 2 Telur

May 23, 2007 3 comments

Begitu kue aku angkat dari oven, papa ikut2an komentar:
P: Wiiii… sukses ya ma? itu bagus hasilnya. Enak kayaknya, mau dong…
M: (mau? oh yeeaaa..:p ) Nih, cium dulu baunya…
P: Hoekk… gak mau gak mau, gak jadi deh *kabur

Gimana sih pa wong enak gini kok gak arep, huuuuu…

Buttercake 2 Telur

Buttercake 2 Telur

Buttercake 2 Telur

———————————————–

BUTTER CAKE DASAR
Resep Fatmah Bahalwan – NCC

Bahan:

120 gr mentega
½ sdt vanili
250 gr gula pasir (aku cuma pake 180 gram aja, nggak suka manis)

2 btr telur
200 gr tepung terigu
1 sdt Baking Powder
150 ml susu segar (minta susu Ultranya Kintan, hehehe)

Cara membuat:
- Kocok mentega, gula, vanili hingga mengembang dan pucat, masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
- Masukkan tepung dan susu secara bergantian, sambil diaduk hingga rata.
- Oven hingga matang (lk. 30 menit untuk loyang bulat 20cm)
- Angkat, dinginkan.
- Potong-potong.

Catatan : Jika bikinnya pakai loyang, sangat disarankan untuk memakai loyang yang tingginya 4 cm. Tujuannya agar panas oven merata keatas permukaan cake, dan cake bisa matang sempurna.

———————————————–

Kue ini memang bau susu banget, enaaaaaaaakk…. lembut di dalam dan ada krenyes2nya di luar…. Tanya aja sama anak kecil ini… Enak kan nduk? ya? ya? :D

buttercake-dasar-kintan.jpg

buttercake-dasar-kintan3.jpg

buttercake-dasar-kintan2.jpg

Categories: cake

Bolu Ketan Hitam

May 23, 2007 13 comments

Percobaan pertama pake oven baru. Manggangnya lamaaa banget ampe sejam soalnya pake api kecil, takut gosong. Luarnya jadi crispy dan dalemnya agak kering. Ga apa apaaa, yang penting papa doyaannn, hihihi… :D

Besoknya masih ada sisa, dibawa ke kantor lah sama papa (tumben mau). Trus iseng2 aku liat status YM temen2, eh di YMnya papa tertulis “sarapan roti tepung ketan hitam buatan mama, enakkk“. Toweeeeeewww aku terbang ke angkasa, hahaha….

Bolu Ketan Hitam

Bolu Ketan Hitam

Categories: cake

Black Forest Kukus Jilid 2

May 21, 2007 37 comments

Sepertinya bikin2 decor cake kayak gini aku ada bakat ya? cieeeehhhh…. :D

Ini blackforest jadi2an kok. Cakenya pake brownies kukus resepnya bunda inong, nah kalo filling2 di tengahnya itu baru pake resepnya blackforest mbak fatmah (yang maizena + air black cherry + black cherry dipotong kecil2 –> direbus) ditambahi whip cream yang sudah dikocok kaku (ngocoknya jangan lama2, nanti jadi mentega). Belah kuenya aku pake benang dental floss (masih baruuuu lhoo), hasilnya tetep miring2 gak rata, kekkekk, tapi gak keliatan dari luar kan, hihihi… :D

Proses yg paling lama itu ya ngeratain whip cream di sekeliling kue, alamakjaannn… sampe keringetan! Ini pinggir2nya hahahhaha, belepotan…

bf-kukus-jilid2-2.jpg

bf-kukus-jilid2.jpg

bf-kukus-jilid2-3.jpg

bf-kukus-jilid2-4.jpg

Oven Baru!

May 21, 2007 47 comments

Oven baru… oven baru! huahahhaha… puasss…

Akhirnya setelah menimbang-nimbang antara beli oven listrik dan oven tangkring (jelek amat namanya), akhirnya pilihan jatuh ke oven HOCK nomor 4, ukuran paling kecil.

Kenapa gak beli oven listrik? ah rumah di pedesaan, terbentur sarana dan prasarana, listrik di rumah cuma 900watt, itupun terbagi jadi 2 salurang, masing2 450W, halah kok neko2 pengen oven listrik.

Sabtu pagi jalan2 ke Pasar Agung di Depok 2. Ini pertama kalinya pergi ke pasar ini, jalan masuk ke pasarnya aja gak tau, untung dikasih tau sama tukang parkir. Wuahhh ternyata di pasar ini ada toko bahan kuenya! hahahha, wong ndeso. Iya, aku seneng banget disitu ada coklat warna merah sama ijo, hihihihi, beli beli!! N then nanya ke mas penjualnya, “beli oven dimana sih? :D “, “o di toko depan situ mbak…”. Ternyata sodara sodari, oven yang aku idam2kan itu ada dijual di kios keciil gitu, kios panci2 sama loyang2. Oalahhhh tau gitu aku beli dari dulu! Padahal aku udah ngerencanain mau beli di Cawang trus dibawa pulang ke Depok pake motor, hahaha, alangkah bodohnya kalo bener2 kejadian, kekekek… Eh tokonya ini nawarin nganter ovennya sampe ke rumah lho, dudududu…. senengnya…

Oven HOCK nomor 4 ini aku beli dengan harga 180 ribu. Kalo yg agak gede, yang nomor 3, katanya 215ribu. (data bulan May 2007 :D).

Sesuai saran di milis, ovennya aku ganjel pake 4 buah ganjelan, idealnya sih pake batu bata, tapi gak punya, dan lagi suami tersayang menawarkan hasil kreasinya :D.

papa-bikin-ganjel-oven.jpg

ganjel-oven-1.jpgganjel-oven-2.jpgganjel-oven-3.jpgganjel-oven-4.jpgganjel-oven-5.jpgganjel-oven-6.jpg

Oven HOCK nomor 4

Cantik kan? :D (Mbak Ani! ini kompor hadiah kawinan dari sampean nih ikut kepoto, hihihi, thanks yaaa).

Paginya bikin bolu ketan hitam, sesuai saran di milis, oven dipanasi dulu minimal 15 menit. Pas aku nyalain kompornya, tunggu sebentar, hahhh BAU GOSONG!! (kalo kata orang jawa sangit). Agak keluar asep2 gitu. Lah lah lah, panik panik panik!!!! aku matiin kompornya, aku nyalain lagi, masih bau juga, sampe 3x! Yang ke 4 kalinya udah gak bau lagi, huaaahh…. ternyata kalo oven baru, pertamanya memang begitu, ooooo…..

Lanjut bikin kue bolunya, dan jadi! untung gak bantet, hihihi… tapi agak kering, mungkin ngovennya kelamaan. Ya nggak tau deh, kan baru make pertama kali. Kue bolunya sama papa dibawa ke kantor hari ini, yihaaa!!!! LAKU LAKUUU….!!!

Categories: Di balik layar

Onde Onde Ketawa

May 15, 2007 9 comments

Audience….. For the first time!!! papa doyan!
phiuwww…. *give me applause, plok plok plok*

Onde Onde Ketawa

Onde Onde Ketawa
Recipe by aprilisa.multiply.com

Ingredients:
100 ml water
175 grams white sugar (I used only 150 grams)
1 egg
2 tbsp cooking oil
300 grams all purpose flour
1/2 tsp baking powder
1/4 tsp soda powder
100 gram white sesame seeds
oil for frying

Boil water and sugar in a pan until the sugar dissolved. Let it cool. Beat cooking oil together with egg in a low speed mixer until well combined (2 -3 minutes). Add sugar syrup little by little and beat them for another 1 minute. Sift together flour, baking powder and soda powder into the sugar mixture. Mix well with a spatula.
Make balls (10 grams each) from the batter. Drop it into water, then roll it over a bowl of sesame seeds. Deep fry the balls in medium hot oil with medium flame until golden brown. Remove from pan. Drain it with kitchen towel.

Categories: Roti Digoreng

Black Forest Kukus

May 14, 2007 6 comments

By my daughter, hihihi…
black-forest-kukus.jpg

Step by Step:

black-forest-kukus-kintan1.jpg

black-forest-kukus-kintan2.jpg

BROWNIES FOREST KUKUS Mamagaby
Recipe by mamagaby (viviliong.multiply.com)

Bahan:
- Tepung terigu Bogasari Segitiga Biru atau Gunung Bromo 125 gram
- Tepung maizena 25 gram
- Baking powder 1/4 sendok teh
- Cokelat bubuk 25 gram
- Kuning telur 10 butir
- Putih telur 5 butir
- Gula halus 200 gram
- Garam 1/4 sendok teh
- Cake emulsifier 1 sendok teh
- Rhum bakar 1 sendok teh
- Mentega 100 gram
- Margarin 25 gram
- Cokelat masak pekat 100 gram
- Cokelat pasta 1 sendok teh
- Sirup kopi 100 ml, untuk olesan

Hiasan:
- Butter cream secukupnya
- Cokelat masak pekat 50 gram, tim hingga leleh
- Ceri hitam secukupnya
- Cokelat hias secukupnya, serut kasar

Cara Membuat:
1. Tim mentega, margarin, cokelat masak pekat dan cokelat pasta hingga
leleh, angkat. Tambahkan rhum, aduk rata, sisihkan..
2. Kocok semua telur bersama gula, garam dan cake emulsifier hingga
lembut, lalu masukkan tepung terigu yang telah dicampur dengan maizena, cokelat
bubuk dan baking powder, aduk rata.
3. Terakhir masukkan cokelat yang telah di tim, aduk rata. Tuang adonan ke
dalam loyang bulat yang telah dioles margarin, lalu kukus selama 60 menit hingga
matang, angkat dan dinginkan.
4. Belah cake menjadi 3 bagian, lalu setiap bagian dioles sirup kopi dan
permukaannya dioles butter cream hingga rata. Tambahkan ceri hitam disetiap
olesan butter cream.
5. Hias seluruh permukaan cake dengan butter cream, lalu siram cokelat
leleh dan tambahkan cokelat hias ditengahnya.
6. Sajikan.

Standar Untuk 12 Potong

Pempek

May 14, 2007 9 comments

Karna gak rapi ngelipet adonannya, jadinya telurnya kocar kacir, huaaa… :((
Jadinya, inilah  pempek kapal pecah-nya, hihihii…

pempek.jpg

Pempek Kapal Selam
Resep dari bonus booklet tabloid KOKI

Bahan:
250g daging ikan tenggiri (aku pake kakap karna ga ada), haluskan
5 sdm air es
2 sdm tepung terigu
100g tepung sagu
1 1/2 sdt garam
1 butir kuning telur
2 butir telur ayam untuk isian (gak pake juga gpp)
minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat:
Campur ikan dan air es, tambahkan tepung sagu dan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk. Tambahkan kuning telur dan garam. Uleni sampai dapat dibentuk.
Ambil setengah adonan, buat lubang di tengahnya, isi 1 butir telur, lalu rapatkan kembali. (kayak bikin jemblem aka combro itu booo… :D) *aku fail di step ini, telurnya muncrat semua ga mau rapi, huaaa :(( *
Rebus adonan hingga matang, tiriskan.
Goreng ketika akan dihidangkan.

Kuah Cuko

Bahan:
150g gula merah
200ml air
100ml air asam jawa
5 siung bawang putih, haluskan
3 buah cabe rawit (atau sesuai selera, aku gak pake)
garam secukupnya
Cara membuat:
Campur semua, rebus, saring.

Categories: Main Course

Cake Durian Kukus Jilid 2

May 14, 2007 3 comments

Bye bye bantet! wekkss… :p

1. Kerjakan perintah sesuai resep
2. Aku ngukusnya rada lamaan karna panci kukusannya kecil, ngefek ke uap air yg dihasilkan juga kecil, jadi aku tambah 10-15 menitan.
3. Tutup panci jangan dibuka2 yaa, kalo dibuka sebelum waktunya dijamin, pesssss…. kempes dan bantat sodara2
4. Tutup pancinya harussssssssss dialasi serbet supaya airnya nggak netes ke kue.

cake-durian-kukus21.jpg

ck-durian-kukus21.jpg

ck-durian-kukus22.jpg

ck-durian-kukus23.jpg

Brownies Kukus Coklat Strawberry

May 10, 2007 29 comments

Jangan kaget! aku belom nerima pesenan kok, jadi harap sabar dulu ya penonton, kekekek *jedugg! siapa juga yang mau mesen :D*

Judulnya lagi pengen yang berasa stroberi2 gitu deeh… tapi apalah dayamu wahai maki (mamakintan) , tiada fasilitas yang memadai, ovenpun ku tak punya…. hiks…. *dangdut tarik mang mode on*

Lhaaa, bikin brownies aja! Kebetulan sorenya baru ngeprin resep di kantor (kebetulan? hihihihi), jadi langsung saja kita praktekan, OK? Jam 10 setelah Kintan bobok, bertempurlah aku di dapur. Mbang timbang timbang… timbang tepungnya, timbang gulanya sekalian, tambahin baking powder. Emmm… kayaknya salah nih, dan beneran deh salah!!! harusnya gulanya dimixer sama telur, lha ini kok aku campur sama tepungnya duluan, OMG, stupid stupidd! $%&^&#%%^$#&^&# *Begin ngomel2 | Loop Until sampe puasss*

“Kenapa ma?”, papa yang lagi di ruang tengah tertarik juga sama omelanku sampe nanya :D
“GAPAPA!!!!!!!!!!!!” *ngedumel berlanjut terus*

Akhirnya direset, ngulang nimbang lagi dengan bahan2 baru dari awal, hiks, kan jadi boros kaan jadinya, huh!

Resepnya asalnya dari dapurbunda Inong, yang Brownies Kukus Hitam Putih tea, nah adonan yang putih aku tambah pasta stroberi, gitu aja, dan total semuanya ada 3 lapis, merah-coklat-merah, begonoo…

Aku bikin setengah resep aja, ya karna kukusanku yang amit2 manjanya ituuuu… buat ngukus setengah jam aja megap2 mau gosong, kecil banget sih, loyang kotak 18×18 aja gak muat, huhuuuuu… Yang muat cuma si loyang cinta, hihihi, seperti kata mba Lesca, enak kan kuenya? pasti, kan bikinnya pake cinta, kekekkeke… nonton India yuuuk… :D

Brownies Kukus Coklat Strawberry

Brownies Kukus Coklat Strawberry

Brownies Kukus Coklat Strawberry

Brownies Kukus Strawberry Coklat
-by Inong- (modified by mamakintan (cieehhh cuman nambahin pasta stroberi doang gayanya udah bisa modified, kekekek))

Bahan (ini 1/2 resep dari resep asli mbak Inong) :

100 gram tepung terigu
200 gram gula halus
4 butir telur
150 ml minyak goreng
30 gr cokelat bubuk
1/2 sdm baking powder
sedikit garam
4 tetes pasta stroberi

Cara membuat :

- Ayak tepung terigu, garam dan baking powder sisihkan.
- Ayak cokelat bubuk di tempat berbeda, sisihkan.
- Kocok telur dan gula sampai larut (gak sampe putih, asal udah larut aja dan ada busa2nya), masukkan campuran tepung terigu aduk rata, masukkan minyak goreng.
- Aduk rata, bagi menjadi 2 adonan.
- Yang satu diberi coklat bubuk, aduk rata. Satunya kasih +- 4 tetes pasta stroberi (sesuai selera).
- Siapkan loyang ukuran x (terserah yang penting muat di kukusan, jangan nangkring di atasnya, hihihi) yang telah dioles margarin tipis.
- Masukan 1/2 adonan stroberi, kukus selama 10 menit dengan api sedang, setelah permukaan kering masukkan adonan coklat, kukus 10 menit lagi sampe atasnya kering, terakhir masukkan sisa adonan stroberi lagi, kukus 15 menit.
- Angkat. Dinginkan. Boleh dihias sesuka hati, hehehe… Hiasannya itu aku pake ganache (cakenya disiram ganache yang udah hangat kuku), taro di kulkas 15 menitan, lalu tempelin cherry sama serutan coklat putih di pinggirnya.

Resep ganache (coklat2nya itu):
170 gr dark cooking chocolate, diiris kecil2.
140 ml whip cream
*Whipcreamnya ditim, kalo sudah panas angkat, lalu masukin DCC nya, aduk rata pake whisk. Guyurrr deehhh kuenya…

Tips dari bunda Inong:
- tutup kukusan harus dilapisi serbet supaya air tidak menetes ke kue yang menyebabkan kue bergelombang.
- tutup kukusan jangan dibuka2 sebelum waktunya.

Okay, selamat mencoba yaaa… tadinya mo dipoto proses bikinnya, tapi tukang potretnya lagi pergi maen sepeda…

Bolu Gula Merah

May 8, 2007 7 comments

Apaaa??? bolu lagi???? nggak bosen??? bosen sih, makanya… papa, beliin oven dong, hihihih….

Bolu Gula Merah

Resep aslinya sih katanya bolu sakura, tapi bolu sakura yang asli itu pakenya caramel, tapi ini pake gula merah aja.

Bolu Sakura/Gula Merah
Sumber: Tabloid Koki

Bahan:
2 btr telur
80 gr margarin
100 gr gula halus (aku cuma pakai 50 gram aja, ga doyan manis)
200 gr terigu protein sedang (segitiga biru)
1 sdt baking powder
100 ml santan (aku pakai susu UHTnya kintan, hihihi, wanita modern bo, males lah pake santen2an :p)
100 gr gula merah, sisir halus
50 ml air
50 gr kelapa parut, kukus. (aku gak pake)

Cara:
- Campur air dan gula merah, rebus hingga mendidih dan gula larut.
- Kocok margarin dan gula halus sampai putih dan mengembang.
- Tambahkan telur satu persatu. Kocok rata. (aku tunggu lama kok gak ngembang2, eh ternyata emang gak bisa ngembang, hihihi)
- Masukan terigu, baking powder, aduk rata. (ini lengket dan agak berat, aku ngaduknya pake whisk supaya campurannya jadi halus)
- Tuang santan dan gula merah, aduk rata. – siapkan cetakan, olesi minyak.
- Tuang ke cetakan, 1/2 tinggi cetakan. (setengah aja lho)
- Kukus hingga matang.
- Sajikan, taburi kelapa parut. (aku nggak pake kelapa)

Kintan suka lho! temennya aja juga dibagi, hihihihi… :D

Bolu Gula Merah

bolu-gula-merahkintan.jpg

bolu-gula-merahkintan2.jpg

B3 Episode 1

May 2, 2007 6 comments

Semalem bikin kue bolu kukus blueberry cheese, tapi B3, Bener Bener Bantet, kekekekk…

Maybe karena :

- Mixernya pake kecepatan rendah, karna kintan lagi bobok, takut berisik
- Mixer sering dimati2in karna sebentar2 ngecek Kintan bangun apa gak
- Gulanya kebanyakan
- Ditinggal smsan sama papa
- Emang dasarnya gak bisa masak tapi nyalah2in mixer, gula, sama papa, hihihi…

Ya udah deh nggak diposting gambarnya, malu :D

Categories: Di balik layar
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 166 other followers