Home > Cake Kukus (Steamed Cake) > Brownies Kukus Coklat Strawberry

Brownies Kukus Coklat Strawberry

Jangan kaget! aku belom nerima pesenan kok, jadi harap sabar dulu ya penonton, kekekek *jedugg! siapa juga yang mau mesen :D*

Judulnya lagi pengen yang berasa stroberi2 gitu deeh… tapi apalah dayamu wahai maki (mamakintan) , tiada fasilitas yang memadai, ovenpun ku tak punya…. hiks…. *dangdut tarik mang mode on*

Lhaaa, bikin brownies aja! Kebetulan sorenya baru ngeprin resep di kantor (kebetulan? hihihihi), jadi langsung saja kita praktekan, OK? Jam 10 setelah Kintan bobok, bertempurlah aku di dapur. Mbang timbang timbang… timbang tepungnya, timbang gulanya sekalian, tambahin baking powder. Emmm… kayaknya salah nih, dan beneran deh salah!!! harusnya gulanya dimixer sama telur, lha ini kok aku campur sama tepungnya duluan, OMG, stupid stupidd! $%&^&#%%^$#&^&# *Begin ngomel2 | Loop Until sampe puasss*

“Kenapa ma?”, papa yang lagi di ruang tengah tertarik juga sama omelanku sampe nanya :D
“GAPAPA!!!!!!!!!!!!” *ngedumel berlanjut terus*

Akhirnya direset, ngulang nimbang lagi dengan bahan2 baru dari awal, hiks, kan jadi boros kaan jadinya, huh!

Resepnya asalnya dari dapurbunda Inong, yang Brownies Kukus Hitam Putih tea, nah adonan yang putih aku tambah pasta stroberi, gitu aja, dan total semuanya ada 3 lapis, merah-coklat-merah, begonoo…

Aku bikin setengah resep aja, ya karna kukusanku yang amit2 manjanya ituuuu… buat ngukus setengah jam aja megap2 mau gosong, kecil banget sih, loyang kotak 18×18 aja gak muat, huhuuuuu… Yang muat cuma si loyang cinta, hihihi, seperti kata mba Lesca, enak kan kuenya? pasti, kan bikinnya pake cinta, kekekkeke… nonton India yuuuk… :D

Brownies Kukus Coklat Strawberry

Brownies Kukus Coklat Strawberry

Brownies Kukus Coklat Strawberry

Brownies Kukus Strawberry Coklat
-by Inong- (modified by mamakintan (cieehhh cuman nambahin pasta stroberi doang gayanya udah bisa modified, kekekek))

Bahan (ini 1/2 resep dari resep asli mbak Inong) :

100 gram tepung terigu
200 gram gula halus
4 butir telur
150 ml minyak goreng
30 gr cokelat bubuk
1/2 sdm baking powder
sedikit garam
4 tetes pasta stroberi

Cara membuat :

- Ayak tepung terigu, garam dan baking powder sisihkan.
– Ayak cokelat bubuk di tempat berbeda, sisihkan.
– Kocok telur dan gula sampai larut (gak sampe putih, asal udah larut aja dan ada busa2nya), masukkan campuran tepung terigu aduk rata, masukkan minyak goreng.
– Aduk rata, bagi menjadi 2 adonan.
– Yang satu diberi coklat bubuk, aduk rata. Satunya kasih +- 4 tetes pasta stroberi (sesuai selera).
– Siapkan loyang ukuran x (terserah yang penting muat di kukusan, jangan nangkring di atasnya, hihihi) yang telah dioles margarin tipis.
– Masukan 1/2 adonan stroberi, kukus selama 10 menit dengan api sedang, setelah permukaan kering masukkan adonan coklat, kukus 10 menit lagi sampe atasnya kering, terakhir masukkan sisa adonan stroberi lagi, kukus 15 menit.
– Angkat. Dinginkan. Boleh dihias sesuka hati, hehehe… Hiasannya itu aku pake ganache (cakenya disiram ganache yang udah hangat kuku), taro di kulkas 15 menitan, lalu tempelin cherry sama serutan coklat putih di pinggirnya.

Resep ganache (coklat2nya itu):
170 gr dark cooking chocolate, diiris kecil2.
140 ml whip cream
*Whipcreamnya ditim, kalo sudah panas angkat, lalu masukin DCC nya, aduk rata pake whisk. Guyurrr deehhh kuenya…

Tips dari bunda Inong:
– tutup kukusan harus dilapisi serbet supaya air tidak menetes ke kue yang menyebabkan kue bergelombang.
– tutup kukusan jangan dibuka2 sebelum waktunya.

Okay, selamat mencoba yaaa… tadinya mo dipoto proses bikinnya, tapi tukang potretnya lagi pergi maen sepeda…

About these ads
  1. May 10, 2007 at 3:56 am

    wiii… enaknyaaa…
    ganachenya itu loh, mengkilap benerr
    *si papa doyan gak?*

    ps: kalo nanti bikin es krim lagi aku mau nyoba nambahin selembar gelatin pas kocokan terakhir, tapi nyoba setengah resep dulu deh, rada ngeri juga abis belum pernah denger eskrim pake gelatin :D

  2. May 10, 2007 at 4:00 am

    papa? jangan tanya. masak dia malah nanya begini, “bikin pisang goreng dong…” *gedubrakk* Oh suamiku, anak singkong sekali dirimu :D

    Oke nanti aku nyoba es krimnya mbak, after dikau sukses ya, hihihi…

  3. May 10, 2007 at 4:35 am

    Oh papa.. sabar ya, istrimu tercinta sedang GO Internasional !!! Gpp papa, cinta dalam negri ajah aku temenin ya. Aku lagi pengen sawut neh.. coba ntar mister tak cekok’in doyan ga ya ? *komat kamit baca mantra

  4. May 10, 2007 at 12:19 pm

    Mauu dong sepotong, aduh cantik banget…brownies kukusnya.

  5. May 11, 2007 at 2:28 am

    Yul aka Maki,
    Brokus nya menggiurkan deh keliatan nya …. itu rasa nya yg memang enak, ato teknik moto nya yg bagus yak? heheheh …. *Piss yul*

    Malem2 buat brokus, trus dimakan nya malem2? gendut donk ….. :D

  6. May 11, 2007 at 3:18 am

    Iya nih si papa, go internasional doong, masak ikan pindang + tape goreng melulu, idih… :D

    Hihihi, browniesnya mah cantik mb Retno, tapi kalo liat kokinya pas masak bronis itu, wahahhaha, cantik juga secantik mak lampir *tengah malem bikin kue gitu boo*

    Wah selain jagoan masak kan aku juga jagoan motret Nit… *kembang kempis malu2*. Malem buat kuenya, pagi baru dihias2, trus makannya minggu depannya, hahaha…. Gw kan cewek langsing Nit, anti gendut, hihihii senangnya… :D

  7. May 11, 2007 at 4:27 am

    Wuaaaahhhh Emmooyyyyy …. *Mupeng
    Hiasannya juga cantekkkkkk. Tambah jagooo!
    Aku pengen bikin juga nih brokus brokus ..*kapan yah
    Eh Yul .. itu kain putih bersih apa gak pada belepotan coklat ?

  8. May 11, 2007 at 4:30 am

    kain itu? itu handuknya kintan, hahaha… gak kok, cuman kena dikiiit… :D
    Ayo2 mbak dian, cobain, gampang kok, gak2 kalo gagal, aku aja buktinya bisa, hihihi…

  9. May 11, 2007 at 4:40 pm

    wessssssssss…kerennnnnn…canggihhhh tenan…
    ga kebayang kalo dah punya oven..pasti tmbh betah aja gedombrangan di dapur nih ,maki

    gud gud gud…

  10. May 14, 2007 at 6:43 am

    mau kirim oven? makasih yaaa… :D
    hiks hiks terharu deh aku, makasih ya atas pujiannya, hihihi… *soalnya kue ini di rumah ga laku bo, aku aja yg doyan*. huhuhuhuuuu… padahal enak :((

  11. Kiki
    June 16, 2007 at 9:26 am

    bunda aku copy resepnya ya di’rumahku’..

  12. June 18, 2007 at 5:26 am

    Silahkan Kiki, semoga berhasil yaa…
    Eh mana linknya kok gak ada?

  13. MamaAcha
    October 9, 2007 at 8:32 am

    Mauuu doong brokus stroberinya…!!! Eh, ganachenya ko bisa cantik gitu ya? kelihatannya seperti ada gelombang/garis, itu perlu dibentuk atau enggak sieh? Mupeeng banget niih.. duuuh, masih lama lagi maghribnya.. ooops.. sabar.. sabar.. kuatkan iman dan perut. hee.. Mamakintan, mau nanya dong? ganache cairnya bisa untuk bikin hiasan juga enggak? Kelihatannya dipinggiran bawah kue, ada hiasan juga. Itu bahannya pake bahan ganache atau musti buat sendiri lagi??

  14. October 10, 2007 at 5:04 am

    * Garisnya? itu karna kuenya kelamaan ditaro di wire rack, kekekke… itu ganache juga… kalo yang cair kan buat disiram, kalo mau yang buat menghias, bikin yang lebih padet konsistensinya, bisa perbandingan 3:2 antara DCC sama whipcreamnya. didiemin dulu di kulkas sebentar/di suhu ruang semaleman. kalo yang di gambar itu sisa ganache yang disiram, dikulkasin dulu sebentar.

  15. October 30, 2007 at 12:45 am

    mau dunk diajarin masakkkkkkkkkkk
    emak gue g’ pernah ngajarin,,, jadina blajar sendiri,, gue kopi resepnya ya,,,, teng kyu,,,

  16. November 1, 2007 at 5:25 am

    * Eike juga tak pernah diajari mami masak atau bikin kueh, tapi anak pinter ga usah diajarin kan, belajar sendiri juga bisa… Contohnya aku ini… [hahahahha maap2 abis minum kopi jadi agak eror]

  17. February 21, 2008 at 7:59 am

    wah……………..
    kuenya ………..
    menggoda sekali……………..
    trimaksih sekali yach……….kak…………..
    aku suka banget…………browniesnya……….

  18. Liq
    February 22, 2008 at 10:28 am

    aduh enaknnya…jd ngiler… heheh

    resepnya buat sendiri yah mbak…

    saya sebenerna tidak tertarik masak-memasak…lebih tertarik ke makannnya..heheh….

  19. Nie_19Jogja
    August 12, 2008 at 11:00 am

    Wuiiiiiiiih……….
    jd ikutan mupeng jg Nie…
    mw duoxz browniezna….
    jd laper ne….hiks….T_T
    tar malem bza tidur g yah….=p
    lam knalz Maki…..

  20. lienny
    April 22, 2009 at 12:48 pm

    wahhhhh……
    dari gambarnya aja udah kliatan enak….
    hm………
    susah g mbuatnya
    cz aq g pernah masak cuman suka maemnya
    wkwk^^

  21. refa
    June 5, 2009 at 9:18 am

    hi, mamakintan….
    klo pake minyak goreng, aq pernah nyobain trus kayae kebablasan n rasanya bikin eneg banget, klo di ilangin gpp yach…….tp keliatannxa mantep abis dech,

  22. @na
    August 4, 2009 at 1:37 am

    salam kenal mbak yul,
    ngocok telurnya ngga perlu sampek kental ya mbak? kan biasanya resep brokus ngocok telurnya sampe kental berjejak. Mau nyobain resep ini, keliatannya bahan2nya simple.

    Sembah nuwun

  23. eva
    February 10, 2010 at 6:06 am

    gambarnya, kayakya enak jeng…
    tp lum tau rasanya…. jangan2 ……..

  24. February 10, 2010 at 8:18 am

    mbaaa …
    seneng bgt kl liat hasil karya mba..
    skr liat tau2 ada resep nich ..
    bagi yak mba…
    tenkiu …

  25. June 7, 2010 at 5:21 am

    eeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk….

  26. Rizk@
    September 24, 2010 at 4:01 pm

    Makiii.. Aku udah nyoba resepnyaaa..Alhamdulillah maknyus..(dialem dhewe..)tapi ya itu,karena baru pertama-pertamanya buat cake,brownis aku bergelombang hebat.. Tapi udah search caranya biar ga gelombang kok,insyaALLAH besok mau dicoba lagi..

  27. mandy
    February 11, 2011 at 11:54 am

    cantikkk kuenya,wkwk,DCC itu apaan yah?? itu yg di pnggiran kuenya,km hias lg apa emang hsilnya bgtu pas di tuang ganache nya??cetakannya ukuraan brpa x brpa nih??

  28. Nani
    July 14, 2011 at 8:50 pm

    kalo coklat bubuknya diganti pakai dark cooking chocolate boleh ga Mba ?

  29. Vivi william
    May 12, 2013 at 5:04 pm

    Tambah lg donk resep2 kue lainnya..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 171 other followers

%d bloggers like this: