Home > Cookies > Peanut Butter Cookies

Peanut Butter Cookies

Mbak Vania, nyuwun sewu, aku nyontek resepnya lagi, hehehe… Soalnya udah terjamin enakkk… :D
Tapi cookies bikinanku kok warnanya gak cantek n bentuknya kesana kemari gak jelas, bulet enggak, kotak enggak, hah, menyebalkan…

Oh iya, tentang ukuran cup2an ini, ada pengukur khusus 1 cup, setengah cup, dsb, sama kayak sendok ukuran 1 sdm, 1/2 sdm, 1 sdt dan sebagainya, jadi ukuran sendok2an yg aku pake disini gak pake sendok yg buat kita makan sehari2 tapi wa bil khusus pake sendok ukuran bahan kue getooo…

Tapii aku gak punya ukuran cup2an, jadi aku pake gelas minum anakku si bayi Kintan, hihihi… pokoknya di tanda 200mili itu artinya 1 cup. Jadi kalo misalnya disebutin di resep 1 cup terigu, ya terigunya masukin ke gelas itu sampe sebanyak nyampe tanda di 200ml, kekekek, halah mbulet ga bisa nerangin, tapi kira2 ya begitulah. Nah kalo mentega/butter, 1 balok orchid butter yg biru itu seabnding sama 1 cup, jadi kalo 1/2 cup butter ya bagi aja sebalok jadi 2, gitu. Soal ngukur balok mentega ini dapet pelajarannya dari baca blog mbak Vania juga, thanks ya mba!

Hokeeee, lanjut ke cookiesnya! (ini warnanya coklat butek gini bukan karna gosong tapi karna pake palm sugar, hihihih, membela diri).

Peanut Butter Cookies

PEANUT BUTTER COOKIES
Recipe from blog mba Vania

¾ cup butter suhu ruang (aku pake Orchid biru)
½ cup selai kacang
1 cup gula pasir
½ cup brown sugar (aku pake palm sugar, seadanya yg mana aja deh)
1 sdt baking powder
½ sdt soda kue
2 telur
1 sdt vanila essence
1 ¼ cup tepung terigu
1 ½ cup oat (aku pake Quacker oat)
½ cup kacang2an yang udah dipotong2 (aku pake almond yang udah dicacah dan dipanggang)
½ cup chocochips (aku pake collata compound)

1. panaskan oven
2. kocok butter yg udah suhu ruang dan selai kacang selama 30 detik, jangan lama2 pokoknya.
3. masukin gula pasir, baking powder, soda kue sampe nyampur.
4. masukin telor satu persatu, lalu vanilla essence.
5. masukin terigu semampu mixer, sisanya diaduk pake spatula aja.
6. masukin oat, kacang2an dan chocochips, aduk lagi sampe nyampur.
7. cetak bulat pake 2 sendok (aku pake ½ sdm), lalu taro di loyang kue kering, beri jarak masing2 sekitar 5cm.
8. Panggang 10-12 menit sampe warnanya kecoklatan. Angkat, biarkan 2 menit lalu pindahkan ke wire rack (kawat2an buat ngadem kue itu), kalo udah dingin taro di toples.

Hasilnya? legit dari selai kacang, kriuk2 dari almond dan gula pasirnya, chunky, gak terlalu manis, pas banget…. Enak banget!

Categories: Cookies
  1. July 4, 2007 at 6:24 am | #1

    ngetek ah buat lebaran…mumpung masih promosi..hehehe

  2. July 4, 2007 at 6:26 am | #2

    bungkuuuss!!

  3. July 4, 2007 at 12:03 pm | #3

    Maluuu aku…sama mamanya kintan, sekarang ikutan rajin bikin kue ahhhh. Salut deh liat kuenya cantik-cantik, order BF pertama penglariss..ya Yul.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 165 other followers

