Archive

Archive for November, 2007

[KBB] Tantangan 2: Chocolate Mousse

November 30, 2007 13 comments

Cuman ngerjain 2/3 dari pe er yang disuruh dibikin… :(
Maap ya mbak Emma, tugas kali ini cuman dapet C nih kayaknya, kekeke…

Dan sejak diberlakukannya aturan baru yaitu publish di blog harus serentak oleh semua member, maka saya tak bisa mencontek lagi, haduuh… padahal demen banget sama lagunya project pop yang judulnya “menconteeek… menconteeek… menconteeek temaaan…” kekekek…
kbb2-chocomousse-yulia.jpg

Chocolate Mousse Cake

Sumber : Penny Oliver Cuisine 2005

Cake :
4 bh telur utuh,3/4 cup gula kastor,2/3 cup terigu all purpose, 1/3 cup maizena, 1sdt baking powder

Kocok telur menggunakan mixer hingga naik dan kental. Tambahkan gula
sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga adonan putih dan
sangat kental. Ayak semua bahan kering lalu campurkan ke dalam adonan
telur hingga rata. Tuang ke dalam loyang ukuran 26-28cm yang sudah
diolesi mentega dan ditaburi tepung. Panggang dengan oven yang sudah
dipanaskan terlebih dahulu suhu 190C selama 25-30 menit. Keluarkan
cake dari loyang dan letakkan ke atas rak, dinginkan. Letakkan cake ke
atas piring saji. Eratkan aluminium foil ke sekeliling cake (kalau mau
bisa pakai baking paper tapi digandakan, supaya bisa tegak dan lebih
kukuh kalau disiram dengan mousse nantinya).
[aku: spongenya aku masukin loyang bongpas, trus nanti moussenya dituang gitu aja, cepet, rapi dah hemaaat! xixixix]

Mousse :
250g cooking chocolate, 6 kuning telur, 250g mentega suhu ruang, 6 putih telur

Tim coklat hingga leleh. Kocok kuning telur lalu campurkan dengan
coklat, aduk rata. Tambahkan mentega sambil dikocok. Kocok putih telur
hingga kaku. Masukkan adonan putih telur ke dalam adonan coklat. Tuang
adonan ini ke atas cake. Tutup dan dinginkan selama 4 jam atau
semalaman.
(Jika menggunakan thickened cream, pakai 250g lalu kocok dan campurkan
ke dalam adonan coklat).
[aku bener2 pake putih telur, supaya lebih menjiawai resep sebenarnya, kekeke...]

Variasi: untuk mousse, silakan divariasi dengan flavour macam
frangelico, cointreau, brandy, atau vanili. Putih telur bisa diganti
dengan thickened cream jika ragu-ragu menggunakan putih telur.
Garnish/hiasan bisa divariasi dengan serutan coklat, coklat bubuk,
atau fresh fruit jika memang sesuai selera.

Topping : [aduh, yang ini kelewat, jadi ga ada toppingnya, kuenya telanjang gitu aja ga ada manis2nya deh penampilannya, huhuuuu]
300ml krim, kocok, 100g cooking chocolate dilelehkan dengan 50ml krim
dan 3 sdm brandy (brandy bisa dihilangkan atau diganti dengan
vanili—meskipun tidak sama setidaknya ini memberi flavour ke coklat)

Tutup cake dengan krim kocok lalu tuangi coklat leleh tadi. Potong dan
sajikan dengan sedikit tambahan coklat leleh di sisinya. (You can use
your imagination and your own style on this! Have fun!)

Review: [ini mereview aku sendiri, bukan resepnya, hehehe]

  1. Kebiasaan buruk, baru ngerjain di hari terakhir.
  2. Karna buru2 jadi gak konsen baca resepnya.
  3. Bertekad untuk tidak seperti itu lagi. [xixixxi, atut bow, mbak Arfi kemaren sidak, aku belom publish pe ernya, kekkeke...]

Kalo kuenya sih enak, mirip lady finger itu basenya. Kalo moussenya kok agak amis ya? maybe pas bikin ga konsen trus aku masukin udang + cumi2 kali ya… :(  Yaah penyesalan mah tiada guna. Nanti tantangan ketiga ga akan lagi deh bikin di akhir2 gini.

Sekian laporan untuk tantangan kedua klub berani baking, ciao!

Categories: Klub Berani Baking

Cupcakes in Tiers

November 28, 2007 20 comments

Bisnis baru, rental tiers, hahaha… Gapapa kaan, wong aku belinya juga mahal dan setelah mengalami proses pencarian yang puanjaaang, dibantuin sama mbak Kurins dan mbak Amie, thanks yaaa…

I think it’s really cute… Thanks papaaaa..!
Cupcakes in Tiers - Maki Cakes

Cupcakes in Tiers - Maki Cakes

Cupcakes in Tiers - Maki Cakes

Edible image provided by Ina Larizz (jeng, aku udah gajian, ntar aku transfer, wakakak, maseh ngutang).

Ini kue ultahnya…

Chocolate Birthday Cake

Barusan ada yang komplen “Yuliaaa, aku mau liat foto cupcakenya dari atas doong, trus jangan miring ya, trus harus keliatan semua!” –> duuh penonton jaman sekarang…

Edible Photo Cupcake

Cupcake Huruf

Princess Disney Cupcake

Colorfull Birthday Cupcake for Farel

November 23, 2007 18 comments

Cupcakes warna warni? Siapa takuuuttt….

Cupcake dengan hiasan praline [coklat yang dicetak2].
Pertanyaannya, bagaimana cara memakannya?
Kalo saya,
jawabannya adalah, pertama, cara megangnya.
Pegang cupcake dengan tangan kiri, pegang garpu dengan tangan kanan (2 jari), sisa jari lainnya megang coklatnya. Kedua, makan cupcake dengan garpu yang telah disediakan, satu suap, lalu gigit coklatnya, nah seperti makan nasi + sambel goreng + kerupuk, kekeke…
Kuenya keren tapi cara makannya warteg style banget nih.

Becandaaaaa…. Ya cara makan terserah anda, yang penting masuk semua ke perut kecuali garpunya, xixixi…

Kebanyakan cupcakenya dihias tanpa spluit, cuman pake spluit rumput aja, lainnya pake plastik yang digunting dikit ujungnya, bikin buletan, buletan, buletan lagi, dan lagi, sampe capekdeheyke. Spluit bintang pada ilang gak tau kemana, kemungkinan sih lupa naro, hihihi… [maapkan aku pak pemodal, beli lagi yuuk? :D] Nah, tanpa spluit aja udah bisa bikin kue cantik, sapa bilang menghias kue susaaahhh… :D

Pewarna aku pake Wilton, warna orange, lemon yellow, leaf green, sky blue, red christmas. Suka deh, warnanya keren kereeeenn…

Hiasan dari coklat itu sebagian pake coklat warna Mercolade, sebagian lagi Colatta (thanks ya Ochie :D), dan juga coklat putih yg dikasih pewarna. Harus telaten memang, harus mau susah, kekeke…

Papa cintaku, belahan hatiku, makasih ya udah nganter belanja [+bayar, hihihi], ngebenerin ovenku (sempet ngadat gak mau nyala, huhuuu), nemenin begadang, nemenin ngobrol, soalnya kalo begadang bikin kue sendirian tuh serasa ditemenin kuntilanak di belakang yang siap menowel2, hiiii sereeeemm… Juga thanks to mbak Lily yang ngasih utangan BC selagi stok ku habis, hihihi, makasih yaa…

—————
Untuk Farel:

Dear Farel, hepi bday ya nak… Kamu dulu lahirnya gak beda jauh sama Kintan, nah mama sama tantemu ini dulunya 1 geng, kekeke, markasnya di Plaza Kuningan lt 3 ruangan pojok, wakakkaa… [maaf nama gengnya sangat rahasia sekali], tapi sejak tante pindah dari pabrik pa*ci, jarang banget kumpul2 lagi, dan baru ketemu sama mamamu tadi siang buat ngambil kue, hehehe….

Selamat Ulang Tahun ya!

—————

Harganya SMS aja ke 0812 800 800 8. Buat yang tau barang aja, xixixi…  

We Back

November 20, 2007 15 comments

Mohon maap pemirsa, dikarenakan kita baru balik dari hanimun liburan gratis, dan pulang2 langsung disibukkan dengan ujian di kampus dan kerjaan di kantor, maka belum bisa beredar dulu… Weekend kemaren liburan ke Lembang, family gatheringnya kantor kakanda tercinta, kekeke… Sayangnya jauh2 ke lembang kok gak ada jalan2 ke kebon stroberi, acaranya malah wisata FO, kekeke, kayak yg di Jakarta udah gak ada toko baju aja. Tapi yah namanya gretong gimana2 ya tetep makasiihhhh… Ini postingan gak ada hubungannya sama kue, tapi ya lumayan buat yang kangen sama aku *huuuu gak pake gak pake!!

Tapi di sela2 acara liburan, ternyata papa bermesraan dengan yang laiinnn … -O

“Saat kuu melihatmu
Kau sedaang bermesraan dengan seoraaang yang kukenaaal…
O ow, kamu ketahuaaaan… Pacaran lagiii… Dengan dirinyaaaaa”
*mohon maap bagi teman2 di luar indonesia yang gak mengenali lagu yang sedang ngetrend ini, kacian deh lo, xixixixi… Lagu ini nih udah ada versi pop, dangdut, bahkan discoDut, wakakaka, apaan tuh discoDut? sampe2 papa alergi sama lagu ini, hahaha, gayaaaa….
kintan_papa_17-11-2007-2.jpg

kintan_papa_17-11-2007-3.jpg

kintan_papa_17-11-2007.jpg

* maap belom bales komen2 ya…

Categories: Di balik layar

Pinky Cupcake

November 12, 2007 17 comments

Minggu lalu saya menerima kritikan dari bapak pemegang saham maki cakes.

Katanya gini,
P: “mama bikin cupcakenya hiasannya kok muter melingker itu aja sih?” [maksudnya swirl 1M, red]. Dalam hati, swirl gitu aja belajar setengah taun belom lancar2 kok (:|.
Ditambahi lagi gini,
P: “hiasannya itu yang lebih variatif, trus bertema, misalnya tema karakter2 sekarang yang lagi in, disney lah, apa lah.” Iya paaak, ini kan lagi belajarrrr…
Trus yang lebih menohok lagi ini,

P: “Harus bisa lebih kreatif, jangan tema2 yang CENTIL aja” -O Huaakkaka… coba ya, karna centil itu aku sekarang bisa jadi nyonya Andri, itu kaan yang bikin papa cinta sama aku, ya kan ya kan? *gak nyambung, kekekek…

Ya sudahlah demi menjaga dana tetap mengalir, hahahha, akhirnya aku turuti juga permintaan papa. Tapi yang namanya jiwa seni memang gak bisa dihilangkan… Huahahha… Aku bikin yang centil lagi, yeah… L-)

pinky-cupcake-3.jpg

pinky-cupcake-2.jpg

pinky-cupcake.jpg

Bunganya masih hasil dari cetakan gumpaste flowernya Wilton.

Pinknya itu ceritanya ganache dari coklat stroberi + whipcream, tapi encer banget gak bisa kaku, xixixix… Akhirnya dipoles2 aja…

Ini resepnya, udah pernah bikin sih dulu.

One Bowl Choco Cupcake

Resep dari blog mbak Vania.

Ingredients:
2 1/2 cups tepung terigu serba guna [aku replace 2sdm tepung dg 2sdm susu bubuk fullcream]
1 1/4 cups Dutch-process cocoa powder [coklat bubuk]
2 1/2 cups gula pasir
2 1/2 sdt baking soda
1 1/4 sdt baking powder
1 1/4 sdt garam
4 butir telur
1 1/4 cups susu cair
1/2 cup + 2 sdm minyak sayur
1 1/4 cup air hangat

Directions:
1. Panasi oven, siapkan loyang/papercup
2. Dalam wadah campur dan ayak: tepung terigu, coklat bubuk, gula, baking soda, baking powder dan garam.
3. Tambahkan telur, susu, minyak dan air hangat. Kocok dengan kecepatan rendah selama 3 menit sampai adonan lembut dan rata. [awas nyiprat2, hihihih]
4. Tuang k edalam cetakan kira2 2/3 penuh, panggang sampai matang kurang lebih 20 – 25 menit. Cek dengan tusuk gigi.
5. Hias sesuai selera.

Categories: Cupcake, Jualan

Strawberry Japanese Cheesecake

November 12, 2007 25 comments

Huakakaka sekali lagi pengen nyengir baca judu kuenya… Panjaaang banget! Sepanjang lama ngovennya yang sampe 75 menit… Padahal makan kuenya gak ada 2 menit :( [apalagi kalo dibawa ke kantor, ditingal ngedip aja udah ilang, xixixiix, temen2ku beringas2]
Oleh2 dari papa yang ke bandung 4 hari, mulai hari pertama aku udah cerewet “haniiiiy beliin stroberi yaaa, yang banyaaak, mau bikin kueeee”, gak nyangka sampe dibela2in pergi ke Cimahi buat beli stroberi fresh from kebon, tengs ya papaa, muach muach! tadinya SMS teh Uceu nanyain dimana kebon stroberi deket jalan Asia Afrika, kekeke [ya ga ada lah, namanya juga tengah kota], trus nanya Lei juga, katanya di Sams Corner ada di jalan Dago, tapi ternyata stok buah stroberi lagi abis, hiks. Trus nanya mbak Ade, katanya “beli aja di Supermarket!” hiahahhaha, piye to, kalo di supermarket ya aku naik angkot aja ke carefour ambasador sini udah dapet deh stroberi, hahahha…

Strawberry JCC

Strawberry JCC

Strawberry JCC

Ini aku kopiin lagi resepnya. Aku lebih seneng pake creamcheese Yummy yang Light, kejunya nggak berasa keju2 banget, abisnya tiap hari liat Kintan mimi cucu [anak itu maniak susu, hihihih], makanya aku jadi rada2 eneg makan yg ada susu2nya lagi, hihihi… :D

Kalo pake creamcheese Yummy Light, tepungnya ditambahin dikit karna dia cenderung encer kalo dibanding merk yang lain… [diajarin mbak Shinta]

JAPANESE STYLE CHEESECAKE

Sumber : 35 Variasi Resep-resep Cheesecake by Yasaboga

Campur dan Ayak:
50 gr tepung terigu [aku pake 60 gram kalo pake krimcis Yummy]
50 gr tepung maizena [aku pake 60 gram kalo pake krimcis Yummy]

Bahan:
60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml whip cream
5 kuning telur
5 putih teh
parutan kulit jeruk lemon dari 1 buah jeruk lemon
1/8 sdt garam
125 gr gula halus
1 sdt air jeruk lemon

Cara Membuatnya:
Siapkan loyang, alasi kertas roti.
Pasang oven 150 derajat Celsius, masukkan alas loyang yang diisi air panas.
Campur mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api. Diamkan sampe uapnya hilang.
Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur, aduk rata.
Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.

Atasnya aku pake stroberi segar, dikasih sirop stroberi + aprikot glaze.

—————-

Ini adalah salah satu nikmatnya punya hobi bikin kue. Walopun Depok ujan deras, walopun gak punya mobil, gak bisa kemana2, tapi aku tetep bisa makan ciskek tanpa harus jauh2 beli ke Margonda atau bahkan ke Jakarta, dan tentu saja, bikinan sendiri lebih enak!! ) B-)

Categories: Cheesecake, Jualan

Balada Wanita Multitalenta

November 9, 2007 15 comments

Sebelomnya kalo ada yg mau muntah baca judulku itu, silahkan muntah dulu, huahahahah…

Sebenernya di blogku sini kalo ada orang mo beli kue rada ribet ya, banyakan nyerocosnya daripada poto kuenya, xixixi… Ya sudahlah apa mau dikata, memang jiwa saya begini adanya…

Papa pergi ke Bandung (kalo kata kintan ke Andun, kekeke, anak itu…), ada training dari kantornya mulai hari selasa kemarin. Dibela2in berangkat selasa pagi supaya senin malem masih bisa bareng pulang, he’s so sweet as always :) Repot deh jadi single fighter di rumah. Berangkat jam 6, ngojek, naik kereta, trus naik ojek lagi ke kantor. Pas banget kemaren susunya si entong abis, belanja dulu pulang kantor ke carefour depok, beli 2 dus susu 1 literan, sama 50 biji susu yang kecil2, langsung entek rekeningku, hahahaha…

Kemarin malem bikin kue, niatnya mau ngasih mbak Ninid yang lagi ada di Jakarta, secara sorenya aku udah secara sepihak (kekeke) membatalkan pesenannya dia gara2 ada kerjaan di kantor sampe malem. Jam setengah 10 baru keluar kantor, nyetop taksi, pulang ke depok, di jalan tidur, capeek… Dipikir2 kok ga enak ati juga, kayak yang udah top aja menolak pesenan, kekeke… Ya udah mumpung nyampe rumah masih jam setengah 11 akhirnya aku bikin cupcake buat Abrar anaknya mbak Ninid, Kintan bangun, nemenin. Jam 1 baru bisa tidur semua.

Pagi2 tuh karna masih ngantuk jadinya eror, menghias kuenya jadi aneh, wakakaka, iki opoooo ae…. Udah waktunya berangkat pula. Ya udah kuenya nggak tak bawa, kurang oke. Laen kali aja ya mbak Ninid kalo ke Jakarta lagi aku bikin yang bagus… Maaf yaa gak bisa ngasih oleh2 buat Abrar, yah sedih deh aku… :(

cupcake-mumet.jpg

* Mbak Syantie, papercupnya udah nyampe! Agak penyok2, tapi udah aku benerin lagi, makasih yaaa! Hunting yang lucu2 lagi ya, nanti aku jadi resellermu disini :D

Categories: Cupcake, Di balik layar
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 173 other followers