Home > Cupcake, Di balik layar, Peralatan > Membuat Cupcake

Membuat Cupcake

Ini sedikit yang aku tau aja…

Untuk membuat cupcakes, berikut bahan2 yang diperlukan [cieeehhhh.. prett]

Resepnya sih terserah aja, sebaiknya buttercake karna akan lebih kokoh kuenya jadi kalo disenggol nggak gampang goyang. Buttercake itu yg gimana? Buttercake itu biasanya yang model bikinnya begini “kocok mentega dan gula sampe pucat”, nah yang begono2 deh… Sebaiknya jangan bikin pake spongecake (pendapat pribadi), karna akan gampang mengkeret kuenya, dan gak kokoh, dan kalo ditiup bisa terbang! Spongecake itu yang cara bikinnya biasanya begini “kocok telur dan gula sampe berjejak”, naah yang begitu itu… Resepnya cari aja di Google banyaaakk…

Terusss, ini ada potonya papercup, banyak ya punyaku, hahahaha, laper mata kalo ke TBK atow supermarket, pasti beli hihihi…

Papercup untuk Cupcakes

Nah belinya biasanya udah segebok ada yg isi 10, 20, 500, bahkan 1000, tinggal pilih.

papercup-gelondongan.jpg

Lha, kalo cara bikinnya itu, papercup ini dimasukin ke cetakan, seperti ini:
[sebelah kiri dimasukkan oleh Kintan, hihihi, sebelah kanan oleh mama]

papercup-cetakan.jpg

Nanti kalo udah, dimasukin adonannya. Seberapa? tergantung di resep disuruhnya seberapa :D. Rata-rata sih 2/3 sampe 3/4 tinggi papercupnya. Trus dipanggang deh.

Adonan Cupcake
Yang mau liat oven gas ku yang beli di cawang kemaren itu, ini nih. Maap foregroundnya agak mengganggu, xixixix, yang diliat belakangnya aja :D . Iyak benar, posisi ditaro di teras soalnya dapur udah ga muat, huakakka…
Tiap tamu yang dateng (temen mas Andri) selalu nanya, “Apaan tuh Dri?”, dan jawaban standar “Oh itu, mainan istriku”, kekeke…

Detail ovennya nanti aku posting terpisah.

Oven gas

  1. ina
    November 1, 2007 at 6:21 am

    asik nomer hiji…! hadiahnya kertas capkek yang warna coklat , sebenernya banyak yg aku taksir, tapi rela deh ikasih yang coklat itu sebagai hadiahku…he he he, moal nolak…!

    pokoke, aku bakal ngikud dikau nih , bakal kalap mata gituh…

  2. November 1, 2007 at 6:55 am

    hah…. di oven di taro di depan rumah….

    Ide buat bojo mu kalo di tanya “Apaan tuh??”
    1. Tempat sendal/sepatu
    2. Kandang kucing
    3. Mesin Pengiring Pakean
    4. Ato…. tempat netesin telor ayam

    hehehehe.. Kaburrrrrrrrrrrrr………………..

  3. November 1, 2007 at 7:14 am

    halo maki, salam kenal
    aku nih termasuk secret admirer blog-nya mama kintan lho ;))
    abis keren bgt,.. hasil2nya jg top.. ngiri euyy.. dikau berkembang sangat pesat..
    gak kayak diriku yg ilmunya gak nambah2
    mbak, beli cetakan cupcake yg pas sama papercup kayak gini di mana?
    kalo aku papercup banyak, tp gak ada yg plek sama cetakannya. jadinya bolak balik pake papercup yg bisa berdiri sendiri ituh
    last, mau dong berguru sama maki :D

  4. November 1, 2007 at 7:32 am

    * Aduh makanya pulang kampung dong jeeng… :D

    * Huakakakkaka bisa tuh jadi kos2an kucing kalo pas lagi gak dipake… Woo edan :))

    * Aku ini beredarnya kalo gak di Mira ya Titan, kalo gak Titan ya Mira, kekeke, mbulet, oh Depok kenapa kau jauh dari mana2 :(( Kalo yg model kertas berlipet2 gini kan ada yg pendek ada yg tinggi ya, nah yg di gambar di atas itu kebetulan cetakannya yg pendek, kertasnya juga pendek, jadi pas. Kalo yg tinggi, biasanya aku pake cetakan muffin yang isi 6 itu, yang kayak dari plastik item. Ke Titan deh, aku beli cetakannya disitu semua…
    Aduh berguru sama aku jangaan nanti aliran sesat :))

  5. November 1, 2007 at 7:34 am

    wakakakakk… itu loh.. yg oven di taruh di depan rumah… aduh nduk…

  6. November 1, 2007 at 7:42 am

    * Gimana lagi, dapur penuh sama loyang2, belakang udah ada mesin cuci, garasi udah penuh sama sepedanya papa (puihh, wakakaka), cuman di teras deh yg masih kosong, sama taman depan :D

  7. November 1, 2007 at 8:03 am

    kok sepedaku jadi sasaran lagi? kekekeke

  8. November 1, 2007 at 9:29 am

    Ga takut ilang tuh oven? Kekeke… photonya bikin ngakak guling2…
    Gileeee koleksi cup nya… ckckck… aku pikir selama ini aku yang udah cukup sarap, beli ber-bal2 cup kertas terus ga ada yang cocok dipake (kecuali yang momma itu). Akhirnya jadi penghuni container. Terakhir beli yang coklat itu juga, kayanya itu alternatif akhir kalo yang momma dah ga bisa didapet lagi.

  9. November 1, 2007 at 9:48 am

    * Off courseeeee…. Papa aja sepedanya 2, gimana gak penuh… Coba itu dijual 1 buat aku beli mixer Kitchen Aid… huahahhahaha…

    * Kan dipagerin jeng rumahnya… Hahahaha, Olan ga suka mainin ya? Kalo aku buat ngabisin stok papercup sih tinggal bagi ke Kintan, ntar dia bagi2in ke kucing2 anggota geng-nya, kikikik… Kalo yg papercup muffin itu kalo dipanggang suka gak bulet atasnya, jadinya pas mateng malah penyok2 gitu, menyebalkan dehhh…

  10. November 2, 2007 at 12:41 am

    Buset dah……takjub dech sama oven nya…hasilnya lebih manis ya, kalo pake oven segede itu…:). Setiap hari bikin kue donk….secara oven dah segede bagong..aku kirimin po’o.

  11. November 2, 2007 at 2:23 am

    kikikik…foto ovennya lutju banget!

    soal kertas cupcake nasibku sama kaya Shinta deh
    beli banyak tapi gak ada yg nyambung sama cetakannya
    (lagian tiap beli yg isi 1000an sih)
    aku naksir deh sama cetakannya, imut2, di titan ada ya?
    sama kertasnya juga? hihi kalo beli kudu sepaket biar nggak mubazir lagi

  12. November 2, 2007 at 2:39 am

    * Iyo mbak, manggang cupcake aja sekali jalan bisa dapet 60, itu pake cup yang jumbo, hehehehehhe, dahsyat ya… Sayangnya mixerku masih handmixer biasa itu, gak bisa bikin adonan banyak2… Aku lagi ngincer sepedanya papa yg cap United yg udah bulukan gak pernah dipake itu, hmmm bisa dituker jadi mixer tuh… Hmm… nanti aku pikirkan caranya…. :D Sampean udah di surabaya? Krasan mbak? Anak2 baik2 aja?

    * Ada di Titan. Cetakannya ringan dari aluminium gitu, lebih lebar daripada cetakan bolu kukus, dan lebih pendek. Jangan salah beli, aku pernah beli yg tinggi dan tebel, akhirnya gak kepake… Kalo kertasnya beli di sinar himalaya hihihi… Ada kok masih banyak di rumah kalo mau mbak…

  13. November 2, 2007 at 3:21 am

    mh…. saking terpukaunya liat oven nangkring di dpn rumah baru ngeh ma kardus nya nehhh.

    Buku ne wis nyampe yo jenks… buku pesenan di amazon.

    Kok ga ade laporan pandangan mata…. Liat..liat…liat donk buku2 improt nya :)

  14. November 2, 2007 at 3:53 am

    tenang, sepeda yang mangkrak sedang ditawarkan ke teman :D
    gpp deh mainanku satu aja, ngalah sama maki :p

  15. November 2, 2007 at 6:51 am

    Foregroundnya alami banget, Kintan pinter juga, nutupin muka papi, biar g kepoto yaaa…. :) Btw, bener kan itu papinya Kintan…..?

  16. November 5, 2007 at 6:13 am

    * Udah aku posting yaa…

    * Iya lah cukup 1 wong harganya gak kira2… :)) *laen kali ati2 buka file excelnya :D

    * Bukaan bukan, itu kakaknya kintan, Kintan dan kakak Andri, hahahaha… cuman beda 23 taun kok, masih pantes dibilang kakak :))

  17. Efi
    November 26, 2007 at 7:23 am

    Top deh … mesti banyak akal… kalo dapur dah penuh yach lahan lain mesti dikaryakan, ntar tinggal genteng yang belum yach yul! heheheheh
    Sukses terus buat Maki Cakes

  18. anita armas
    November 28, 2007 at 8:15 am

    wihh ak demen bangt ma cupcake…. dari dulu aku koleksi gambar2nya sama filmnya tapi aku ga pernah bisa buat cupcake hikshiks…..

  19. March 30, 2008 at 10:31 am

    yulia….

    -oven kamu tu harga nya berapa ?
    -cetakan cupcake satunya berapa?
    -cetakan huruf yg kecil2 itu + bunga2 fondant nya dari merk wiltonkah? ada nggak yg bukan wilton yang lebih murah gitu, berapa harganya?

    sori yo…takon2 rego….

    makasih ,sukses selalu…

  20. agnes
    November 6, 2008 at 8:43 am

    mbak Yulia,..
    cutter fondant alfabeth nitip beli bisa,.. ( yang kecil )
    ngubek – ubek semarang gak ada mbak,..
    nti aku transfer + ongkir nya ke semarang,.. ( kyk papercup terdahulu )…
    tks ya,..

  21. melli s wilson
    November 17, 2008 at 1:48 pm

    Banyak banget yang posting tentang cupcake, pengen banget sihhh belajar supaya bisa secara kalo ‘jajan’ mulu muhall nya….. cuma bener2 blank euy… cupa untuk info yang ini sungguhhh acunginnn jempolll… sangat detail ngasih info nya… thanks yah sis..

    cuma kalo manggang bisa kah pake oven bisa?? yahh oven rumahannn gituu (bukan tungak kue sihh) blum perlu… apa hasilnya bakalan sama??? thanks banyak yahh sis

    salam,
    Melli Nusa Dua Bali

  22. melli s wilson
    November 17, 2008 at 1:52 pm

    detail oven nya di arsip apa sis??? pengen liat euyyy… pake oven biasa bisakah??

  23. lucyana
    November 27, 2008 at 7:14 am

    lam kenal ya.. aku jg penggemar nya maki lho….
    iya sama nih, kao bikin cupcake, kertasnya ga pernah pas….
    btw, sinar himalaya itu di mana?

  24. December 11, 2008 at 2:32 am

    salam kenal mbak, blognya bermanfaat banget. anyway itu ada dus amazon.com?pesen sesuatu ke amazon?pajak impor dan ongkos nya mahal nggak?aku mau beli buku tapi ragu karena ada biaya pajak impor yg nggak jelas

  25. Shanty
    December 22, 2008 at 8:43 am

    Mama Kintan,

    Aku tuh suka banget deh buka blog anda, aku mau dong belajar/kursus ……… di balas ya……

  26. February 13, 2009 at 3:51 am

    saya ga ngerti ….
    email dung ke panic_atroom@yahoo.com

    yayayayaya
    tx
    xoxo

  27. February 14, 2009 at 4:01 pm

    Ass.YuliaMaki, info dari Jeng Yenni@jajananrumah, Yulia orang Tulungagung ya, bener gak sih? SMA-nya dimana, angkatan berapa, rumah di TA-nya dimana siapa tau ternyata sebenernya kita kenal..(sok kenal deeeyy..) Wass..

  28. February 25, 2009 at 8:50 am

    salam kenal mba yulia, aku link-nya blognya, kalo boleh fotonya aku pajang buat di blog-ku, tentunya dengan mencantumkan maki-cakes…

  29. elly
    March 19, 2009 at 4:57 pm

    mbak, hebat banget buat cupcakesnya, sampe ada koleksi papercupnya gitu haha, aku suka bingung mbak kalo buat cupcakes, pas mateng suka lepas dari papercupnya, kenapaya yah?? akhirnya yah end upnya selalu pake cupcake moma itu ato yang bisa tegak sendiri..:(

  30. Wenda
    April 15, 2009 at 7:44 am

    Dear Mama KIntan,
    Boleh gak aku minta tolong dibeliin cetakan fondant bunga2 n alfabet/numbers dari yang kecil, aku di Lombok Mbak yang kayak begitu gak ada. Kalo bisa please info ya mbak.
    Thank you
    Wassalam
    Wenda

  31. Martha
    April 20, 2009 at 3:09 am

    Salam kenal Mbak, Waduh aku jatuh cinta ma cup cake-nya…. cantik-cantik sekali. Mbak numpang tanya nih, beli cupcake paper-nya dimana ya? banyak sekali macamnya, lucu-lucu lagi. Thanks ya…

  32. May 23, 2009 at 8:41 am

    Assalaamu’alaikum Wr. Wb.
    Salam kenal mbak. Artikelnya bagus banget. Saya jadi tertarik mau buat cup cakenya.
    Boleh saya link blognya diblog saya.
    Terima kasih

  33. June 5, 2009 at 4:06 am

    simple comment.
    you inspiring me

  34. June 18, 2009 at 2:06 am

    salam kenal maki..aku seneng banget ke sini..kue maki cantik2, maaf, boleh ga, sedikit contek2 kuenya? inspiring banget sih…thanks before

  35. June 18, 2009 at 2:23 am

    barusan liat koleksi foto mu di flickr, ya ampyuuuun…ternyata….bahkan request yang aneh pun ada ya….macem ‘after M*** ***e’ n B**ps, gak tahan untuk gak ketawa…hebat euy..brani…

  36. mamavini
    June 26, 2009 at 10:46 am

    salam kenal….

    mamakintan aku suka banget sama cakes-nya
    pengen berguru sama mamakintan coz hasil karyanya menakjubkan…
    izin… kapan2 aku pinjam desainnya untuk jadi contoh boleh ga…?????? hehehe…

  37. lylik
    August 3, 2009 at 1:38 pm

    salam kenal mbak, wuaduh kuenya buagus2 bgt..saya pengen bgt bs bkn kue spt mbak yulia..oya,mbak mau tanya nich ovennya merk apa? trus mahal ndak?..thx mbak,moga sukses selalu!

  38. non
    December 11, 2009 at 6:37 am

    alooo….salam kenal, Aq malah ga pny oven padahal hasrat buat bikin kue n nyoba2 resep lg gede bgt nich xi…xi…lg ngerayu si Akang mani hese atuch
    Aq add blog-nya yua…nuhun

  39. novita
    January 15, 2010 at 8:44 am

    salam kenal mbak maki,
    aq mo tanya gimana caranya buat cupcake yang enak? pas di lidahnya orang indonesia gitu lho………..
    trus bahan dasar cupcake sama ya kayak bikin brownies ma muffin????????????????
    makasih………………

  40. Mawar
    February 28, 2010 at 4:20 am

    Mbak met kenal ya…Mbak knapa ya klo aku bikin cupcake kertasnya suka lepas. Sukses ya mbak.

  41. reffi
    June 17, 2010 at 7:01 am

    mba yuuulii..
    tiap hariii aku pasti buka blog mbaaa.. abis seruu siy.. bisa nambah wawasan yang masih dangkal ini…

    Go Maki ya.. mama kintan dan kinar kekekekek.. :)

  42. rieryn
    July 4, 2010 at 1:57 pm

    Bahan2 buat cupcakenya (bolu cupcakenya) gmn supaya lembut sm mengembang ;) ,trs klo buat hiasan nama gitu bahan2nya apa aja?

  43. Anonymous
    September 30, 2010 at 4:49 pm

    :p

  44. Yantie
    January 27, 2011 at 12:12 pm

    Lam kenal y mba..klo aku titip belia papercupny tp dikrm ke pdang mau ga’.hehhe..

  45. February 22, 2011 at 12:48 pm

    Dear Maa kintan, saya mau bikin cupcake ukuran jumbo..kira2 bisa beli dimana ya kertasnya….mohon infonya ya
    Thank you

  46. LuLaLili
    June 12, 2011 at 5:36 pm

    bahan-bahan sama adonannya gimana cara buatnya ??
    terus step-step nya ??
    jangan ngemail aku

  47. titin
    August 2, 2011 at 11:54 am

    mbak Yulia, kalo lagi pulkam ke TA boleh buka kursus/privat gitu donk. Daptar!

  48. August 13, 2011 at 12:29 am

    terus berbagi….
    sukses selalluu

  49. nirwan
    December 5, 2011 at 7:56 am

    mbak yuli,salam kenal ya,saya senang bngt lht koleksi gmbr2 cup cakeny.saya pingin bngt belajar.klo diplmbng kira2 buka cbng egk ya.tlng dong informasiny.yuni

  50. Audrey Jessica
    December 24, 2011 at 5:43 pm

    Mbak salam kenal ya… makasih resep nya sekarang saya jadi tau cara membuat cupcake…

  51. HUUU
    February 4, 2012 at 12:27 pm

    mw tau cara buat icing pondan?

  52. Nana Darwoto
    February 6, 2012 at 12:17 pm

    Assm. Jeng Yuli, mhn info jdwl kursus cup cake bulan pebruari 2012, trmksh! Wass. ND

  53. v3a
    February 20, 2012 at 8:26 am

    sis,.. kl jual cupcake dimulai hrg brp?? boleh tau kan,..iseng mo bikin,..tpi g tau niy ksih hrg awal untuk cari pelanggan,..heee… tq infonya yah
    bye,..v3a

  54. Ika SA
    April 9, 2012 at 1:48 pm

    Saya ingin pesan paper cups utk cup cakes dgn ukuran lebar atas 6.5 cm, tinggi 4.5 cm, lebar bawah 5 cm. Apakah ada stock?
    Kalau mau pesan dgn logo cake shop apakah bisa dan harus pesan minimum berapa?
    Terima kasih & ditunggu reply nya….

  55. NURUL HIDAYATI
    April 30, 2012 at 9:39 pm

    Hai mbak salam kenal y….
    Sy pengen bgt bisa buat cupcake…tp kok y cupcakenya slalu gagal…:-( kadang kok y papercupnya itu sangat2 berminyak…apa pngaruh dari mentega/margarinnya y?
    Bagi tipsnya dong mbak supaya cupcake gak berminyak n gak bikin enek…..
    Makasi mbak atas responnya…:-)

  56. Yosie
    June 16, 2012 at 4:26 pm

    Hai mbak salam kenal, akumau nanya beli macem2 paper cupnya dimana ya?. Makasih.

  57. Yuni
    November 10, 2012 at 8:32 pm

    Hay mba mau nanya nie bli paper cupnya dmana ya,
    Tp yg unk dan bgz,

  58. July 12, 2013 at 8:54 pm

    Oouuo: Natural Prosolution Pills xiudooib!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 168 other followers

