Archive

Archive for January, 2009

Soft Pink Purple Wedding Cupcakes

January 31, 2009 18 comments

Hiihiihihi tema pink dan ungu lagi….

Kali ini pasangan pengantennya preman banget deh, hahaha… Waktu ketemu di GI sebulan yang lalu, itu mba Tika pake celana jeans, rambut diiket2, pake kaos, trus banyakan cengengesannya deh kita daripada seriusnya… :D Udah serius2 dari rumah bawa 4 macem rasa tester, eeh yang disuap cuman 1 jenis aja, katanya oke, yang 3 cuma dilirik aja, dibawa pulang pun enggak, hahahaha, nggak niat minta tester nih :))

Waktu ditanya modelnya minta apa “ah apa ya, ya udah terserah deh mbak Yulia gimana, pokoknya warnanya pink muda sama ungu muda deh, saya mah nggak bakat milih2 pernak pernik yang begini2…” hwaduhh, mbak Tikaaa, tobat deh, tomboy banget…xixixix….

Acaranya kemarin, hari Jumat, di Ballroom hotel Dharmawangsa. Wah aku punya kesan yang mendalam deh sama hotel ini, xixixixi (cukup mbak Shinta aja yang tau…sori ya jeng malem2 dengerin orang edan curhat di telpon, hahaha…  ).

Modelnya sama kayak pink purple yang pernah dibikin buat mbak Sari – mas Tommy, karna mbak Tika suka sama model itu… Tiersnya bikin lagi nih, gudang kue aka calon kamarnya Kintan isinya tiers semua, hihihihihi…

soft-pink-purple-wedding-cupcakes____-maki-cakes

Suwiiit suwiiit…!

soft-pink-purple-wedding-cupcakes__-maki-cakes

soft-pink-purple-wedding-cupcakes-maki-cakes

Jualan pecel style, kekekekek…

mama-ballrom-dharmawangsa-hotel-30012009

soft-pink-purple-wedding-cupcakes_-maki-cakes

soft-pink-purple-wedding-cupcakes___-maki-cakes

Bersama Kintan dan pengantin….

mama-kintan-bride-groom

Makasih yaaa mbak Tika dan mas Ridho, selamat berbahagia yaa… :) Sungguh baik hati dan tidak sombong deh mereka, seneng jadinya bisa jadi bagian dari acara ini….

Makasih juga bu Iwan, Tata dan Eyang, udah bantuin ini dan itu… Juga buat papa kurir makicakes, muach muach!

KBB 9 – Classic Puff Pastry

January 31, 2009 4 comments

Dari kapan di milis KBB udah pada rame ngobrolin tantangan ke 9 ini, judulnya kue pat gulipat aka puff pastry…. Aku baca tantangannya, sekali lewat, dua kali nggak mudeng, tiga kali tambah puyeng, ya udah ntar aja deh, hihhihihih… Baca di milis, ya ampuuun, ini pada bikin puff pastry apa buka usaha tambal ban, hahahaha… Aku sih nggak mudeng, lha wong baru bikin hari ini, hari terakhir, xixixixi… (siap2 digorok mbak Arfi hahaha).

yulia-riani-kbb-9

Akhirnya aku baru ngeh hari ini, yang namanya bocor itu adalah kalo butternya meleleh keluar, karna nyampur butter dengan doughnya pake dilipet lipet lipet, gencet gencet gencet…. aku aja ampe lupa udah berapa kali ngelipet… Dan punyaku gak pake bocor dong, tapi langsung pecah ban, hahahahha…. Lipetan terakhir butternya udah berceceran kayak lotion, kekekekke, ngawurrr….

Yuuk ini resepnya….

————-

KBB#9 – Classic Puff Pastry (Pate Feuilletee)
—————————————————-
Source: King Arthur Flour 200th Anniversary Cookbook

1 pound (4 cups) unbleached all purposed flour/plain flour/tepung terigu (or 3 ½ cups all-purposed/plain flour + ½ cup cornstarch/cornflour-atau dengan menggunakan 3 ½ cup tepung terigu dicampur dengan ½ cup tepung maizena)

1 pound (4 sticks) unsalted butter/mentega tawar, ½ stick chilled/dinginkan, the rest at room temperature/sisanya di suhu ruangan
1 – 2 tsp salt/garam (1 for sweet, 2 for savory/1 untuk yang manis, 2 untuk asin)

1 ¼ cups cold water/air dingin (or substitute it with 1 Tbs lemon juice for 1 water if you wish to further temper the gluten in the flour/atau ganti dengan 1 sdM sari jeruk lemon jika diinginkan untuk lebih melunakkan gluten di tepung)

*Dough:
———
Measure the flour into a mixing bowl. Remove ½ cup and set it aside in another bowl.

Timbanglah tepung di dalam mangkuk mixer. Ambil ½ cup dan sisihkan di dalam mangkuk lainnya.

Take the half stick of chilled butter, cut it into small pieces and drop it into the flour. With two knives, a pastry blender or your fingertips, cut or rub the butter into the flour until it resembles cornmeal.

Gunakan ½ batang mentega yang didinginkan tadi, potong2 kecil2 dan masukkan ke dalam tepung. Menggunakan dua buah pisau, blender (dengan fungsi pastry) atau menggunakan jari-jari anda, potong atau remas-remas mentega ke dalam tepung hingga menyerupai remah-remah roti atau cornmeal.

Add the salt (and optional lemon juice) to the water and add this to the flour. Mix gently with a fork until you have a rough dough that pulls away from the sides of the bowl. If you need to add more water, do it a tablespoon at a time until the dough holds together.

Tambahkan garam (dan sari jeruk nipis, jika pakai) ke dalam air dan masukkan campuran ini ke dalam tepung terigu. Aduk perlahan memakai garpu hingga adonannya tercampur rata dan tidak melekat di sisi2 mangkuk. Jika masih memerlukan air, tambahkanlah sesendok makan setiap kali penambahan hingga adonan tercampur rata.

Turn the dough out onto a lightly floured surface and knead until it is smooth and the gluten has been somewhat developed, about 2-3 minutes. Wrap it in plastic and refrigerate for at least 30 minutes.

Letakkan adonan ke atas permukaan/meja yang sudah ditaburi tepung, dan uleni hingga lembut dan gluten-nya sudah terbentuk, sekitar 2-3 menit. Bungkus dengan plastik dan biarkan dingin di kulkas selama 30 menit.

*Butter
———
Take the remainder of the butter and the reserved flour and mix the two together until they’re well blended and smooth. You can do this with a mixer, a food processor or with a spoon, by hand.

Ambil sisa mentega dan tepung yang disisihkan tadi, campur keduanya hingga tercampur rata dan lembut. Anda bisa mencampur kedua bahan ini dengan menggunakan mixer, FP atau sendok, tangan.

Pat this butter/flour mixture into an 8-inch square on a lightly floured piece of waxed paper. Cover it with second sheet of waxed paper and refrigerate it for at least 30 minutes. By mixing the butter with flour, you stabilize it somewhat so it won’t decide to ‘flow’.

Campur adonan ini sambil ditepuk-tepuk dan dijadikan segiempat dengan ukuran 8 inci di atas waxed paper yang sudah ditepungi. Tutup dengan selembar waxed paper lagi dan dinginkan di kulkas kurleb 30 menit. Dengan mencampur tepung dan mentega, anda menstabilkan adonan supaya tidak meleleh.

Rolling-Folding
—————-
Remove the dough from the refrigerator and put it on a lightly floured surface. Gently roll it into a square about 12 inches on a side. You don’t have to be obsessive about the dimension but be pretty close.

Keluarkan adonan dari kulkas dan letakkan di atas permukaan/meja yang sudah ditepungi. Gilas perlahan ke samping hingga membentuk segiempat kurleb 12 inci. Tidak perlu terlalu obsesif menjadikan adonan berbentuk segiempat tapi setidaknya sudah hampir menyerupai segiempat.

Put the butter square in the centre of the dough square but turn it so that the corners of the butter square point toward the sides of the dough square. Fold the corners of the dough over the butter until they meet in the middle. Pinch and seal the edges of the dough together.

Letakkan balok mentega/tepung tadi di tengah2 adonan yang sudah berbentuk segiempat, sehingga sudut-sudut balok menunjuk ke sisi-sisi adonan tadi. Lipat sudut adonan ke atas balok mentega/tepung sehingga setiap sudut adonan bertemu di satu titik di tengah2nya. Lekatkan sisi-sisi adonan ini satu sama lainnya.

Turn the square over and tap it gently with your rolling pin or by hand into a rectangular shape. Rolling the dough into a larger rectangle 20 inches long and 10 inches wide.

Balikkan adonan segiempat ini dan tepuk2 perlahan menggunakan rolling pin atau tangan membentuk persegi panjang. Gilas adonan hingga membentuk persegi panjang yang lebih lebar dengan ukuran 20 inci ukuran panjang dan 10 inci ukuran lebar.

When the dough is the right size, fold the bottom third of the dough up to the centre and the top third over and turn the dough package ¼ turn to the right so it looks like a book ready to be opened. If the dough is still nice and cold and still relaxed, do another rolling and turning the same way. (If it begins feel too soft or wants to resist being rolled, cover it, put it on a small baking sheet and refrigerate it for 15 minutes).

Jika adonan sudah pada ukuran yang benar, lipat sepertiga adonan bagian bawah ke tengah-tengah adonan, begitu juga sepertiga adonan bagian atas lipat ke arah tengah adonan, kemudian lipat lagi ¼ adonan ke arah kanan, sehingga kelihatan seperti sebuah buku yang siap dibuka. Jika adonan masih bagus dan dingin serta masih relaks, gilas sekali lagi dan lipat seperti tadi. (Jika masih terlalu lunak dan tidak dapat digilas lagi, bungkus/tutup, letakkan ke atas loyang dan dinginkan di kulkas selama 15 menit, sebelum digilas dan dilipat seperti tadi).

If you’ve successfully rolled it out and folded it twice, you’ve completed 2 turns. Classic puff pastry gets six. Continue refrigerating it after each 2 turns (or more often if necessary) until all 6 turns are completed.

Jika anda sudah sukses menggilas dan melipatnya dua kali, berarti anda sudah menyelesaikan 2 turns. Classic puff pastry turn 6 kali. Lanjutkan mendinginkan adonan selama 2 kali turning (atau lebih jika diperlukan—misalnya jika adonan terlalu lembek) hingga 6 turns sudah diselesaikan.

*Chill
——–
When all 6 turns are done, put the dough in the refrigerator for at least an hour (and preferable overnight) before shaping.

Jika sudah selesai 6 kali turning, letakkan adonan di kulkas dan dinginkan selama sekurang2nya 1 jam hingga semalaman sebelum dibentuk.

*Shaping
———-
After being thoroughly chilled, the dough can be shaped into croissants, patty shells, twists, straws, etc. Scraps can be chilled and rerolled.

Setelah selesai didinginkan, adonan dapat dibentuk menjadi croissants, patty shells, twists, straws, dsb. Sisa2nya dapat didinginkan lagi dan digilas lagi.

*Freezing
———–
Like other pastry doughs, you can freeze puff pasty in a non-self defrosting freezer for up to a year if it’s well wrapped. It can also be frozen at any time during rolling, folding, turning process. Defrost it thoroughly before you use it, just to make sure it does not get too soft.

Seperti adonan pastry lainnya, puff pastry dapati dibekukan hingga satu tahun jika pengemasannya bagus. Dapat juga dibekukan pada setiap proses manapun (pada proses penggilasan, pelipatan, dan turning). Defrost (biarkan dalam suhu ruangan) dulu sebelum digunakan, hanya saja harus dipastikan jika adonan tidak betul2 menjadi terlalu lunak.

Note :
——
** Resep ini memakai ukuran standard US.
Semua ukuran timbangan harap dikonversikan dari US standard ke kg, cups, gram, dsb sesuai dengan kebiasaan masing-masing.
Untuk penyesuaian silakan melihat daftar konversi timbangan diblog KBB – http://klubberanibaking.blogspot.com

** Silakan berkreasi sendiri dengan menjadikan puff pastry ini untuk hidangan manis atau asin, dengan bentuk sesuai selera.
Selama menggilas adonan, biasakan taburi tepung rolling pin anda.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Seperti biasa setiap member wajib memenuhi tantangan ini dan membuat narasi berupa cerita seru dibalik pembuatan tantangan KBB, disertai foto proses baking, step by step hingga foto hasil akhir. Kemudian di post di blog masing-masing. Sekedar mengingatkan, posting tantangan di blog masing2 ini hanya diperkenankan setelah tanggal 31 Januari 2009.

——————————————-

Foto step by stepnya, yang pas pat gulipat saya khilaf nih bu host, nggak motoin, kekeke, gimana mau motoin, dapur sama studio foto (aka halaman depan) jauh jeh (kayak yang rumahnya gede aja, wakakkaka), moto di dapur pun au ah gelap, gelap beneran maksudnya…. Ya ini deh fotonya… kalo ngelipetnya sih ogut nyontek mbak Dita, huekekekeke… makasih ya mak, mantramu berhasilllll! :))

kbb9-a

kbb9-b

kbb9-c

Ada layer-layernya, horeeee!

yulia-riani-kbb-9_

Makasih KBB, aku jadi bisa bikin puff pastry, hehehehe….

Categories: Klub Berani Baking

Happy Cow Cupcakes for Anna

January 31, 2009 8 comments

“Tema yang anna mau tuh.. ada sapi dengan berbagai pose gaya.. duduk di atas rumput ijo yang ada bunga warna warni. Berhubung tahun 2009 adalah Tahun Sapi.. anna mau sapinya ada nuansa putih, merah dan kuning. Jadi ogah sapi putih totol2 item, pengen totolnya diganti dengan merah.. trus hidung ama susunya diganti kuning.. badannya mah tetap putih aja. Kamu klo kepusingan ama pose gaya sapi.. coba liat punyanya Thata Himawan ha.. ha.. ha.. Namanya juga guru TK.. jadi anna pengen banget desain sapinya centil dengan berbagai gaya.. mo duduk.. mo bobo.. mo tengkurap.. mo miring.. terserah kamu deh.. asal jangan yang lagi ngambek yee.. kudu smile tuh sapi2.. kan menyambut tahun 2009. “

Mbak Thata permisi yaa… Ini ada bu kepala sekolah penggila sapi, mau pesen ke mbak Thata tapi ada di belanda, jadinya pesennya ke orang depok, hihihi….

Efek dari facebook nih, punya temen mbak Ratna, ternyata mbak Ratna punya temen lagi yaitu mbak Anna. Mbak Anna ini punya TK, namanya TK Kemurnian III di perumahan Citra Garden (ayo pada sekolah disitu ya, hihihihi, kalo ada event dapet kue, guru2nya aja tapi, muridnya gak ya mbak? xixixix… ).

Ini ya buuu sapinya, semoga dikau sukaaa, hehehehe…. Sampe juga nanti di kue tema palentin yaaa! Thanks beraaaat :)

happy-cow-cupakes-on-cny-for-anna__-maki-cakes

happy-cow-cupakes-on-cny-for-anna-maki-cakes

happy-cow-cupakes-on-cny-for-anna___-maki-cakes

happy-cow-cupakes-on-cny-for-anna-_-size-maki-cakes

Categories: 3D Cakes, Cupcake, Jualan

Army Cupcakes for Ghafi

January 31, 2009 6 comments

Lemparan dari mbak Ratih karna beliaunya ngeri kalo disuruh bikin figurines tentara, hahahaa, lhaa aku ngeri juga kali mbaaak, akhirnya mbak Yudi nya aku rayu2 dan beliau mau pake edible sajaa, lha kalo figurines itu totol2 bajunya itu gimana bikinnya… :))

Kue yang ini hampiiiir saja… pesenannya untuk tanggal 28 lalu dimajuin ke tanggal 27, pikirku 27 itu rabu atau kamis, ya aku leha2 istirahat, teler abis bikin kue2 imlek, lha kok pas iseng2 senin sore2 jam 4 liat2 email, walah, tanggal 27 itu selasaaaaa, dieeenngngnngngg…. Langsung lemes, mana pake edible pula, hiyaaaa…. telpon ina larizz 2x ga diangkat, walah tamat nih riwayat, hiks… akhirnya tersambung sama ina… kalimat pertama “naaa lagi dimana??” soalnya ibu2 ini doyan sekali jalan2, hahahaha, keder aja kalo sampe jawabannya “di bandung” :(( , ternyata ina lagi di rumah dan pakde kurir 24 jam pun standby hehehehe…. alhamdulillah… Trus calling2 bu asistenku (untungnya rumahnya cuma beda blok doang, hiehieheiheihee), mau pergi katanya tapi oke bisa dimundurin, asiiikkkkkk :D

Sambil nunggu edible dateng, bikin motif tentaranya, dicetak2 dulu, 2 jam kemudian edible dateng (ina memang hebaaatt!), lanjut lagi, bikin label untuk di kotaknya dll, jam 12 malem selesai semua, hehehehhe….. semua dikebut malem karna kurir mau ambil jam 7 pagi….

O iya cupcakes nya rasa keju. Mbak Yudi thanks yaaa… thanks juga buat mba Ratih….

Tanganku nih, tumben bersih, biasanya biru2 kena pewarna, kekekkee…

army-cupcakes-for-ghafi__-maki-cakes

army-cupcakes-for-ghafi-maki-cakes

army-cupcakes-for-ghafi_-maki-cakes

Cupcakes for Baby Acan 1st Bday

January 31, 2009 Leave a comment

Haaaai semuanya, apa kabar?

Sudah lama tidak mengupdate blog, heheheh…. Selesai motretin kue biasanya cuma diedit trus upload ke facebook dan flickr, wordpressnya belakangan, hehhehehe….

Yang ini pesenan mbak Lhukie, sesama warga masyarakat depok, hehehehe… Kuenya diambil ke rumah, itu juga mbak Lhukie masih bilang “jauh yaaa…” hehehehe, iya mbak jauh dari mana2 biar nggak kena polusi…. *alesan

Ulang tahun baby Acan yang pertama, udah bisa jalan 4 langkah, bisa tepuk tangan, plus tambahan hiasan jeruk baby, dot dan diapers. Ada yang pegang sapu juga karna konon katanya doi berbinar2 matanya kalo liat sapu, hahhahaa, ini sih ibunya yang nyuruh kaliii :))

Thanks yaa mbak Lhukie… :)

1st-birthday-cupcakes-for-baby-acan-maki-cakes

Categories: 3D Cakes, Cupcake, Jualan

Horse & Rain Cupcakes for Afra

January 27, 2009 5 comments

Pesenan mbak Lisa, temennya Nevil lagi, hihihihi… genknya Nevil kalo pesen selalu yang aneh2…

Untuk ulangtahun mbak Afra yang ke 30, yang suka banget sama kuda dan hujan (nyambungnya dimana ya, kuda vs hujan? hahaha).

Pake tema warna yang baru nih… Udah agak bosen sama yang jreng-jreng, hehehe….

Thank you yaa mbak Lisaaa… :)

horse-rain-cupcakes__-maki-cakes

baby-horse-cupcakes-maki-cakes

horse-rain-cupcakes-maki-cakes

Categories: 3D Cakes, Cupcake, Jualan

Peach, Pink & Green Cupcakes

January 27, 2009 2 comments

Nggak tau judulnya hihhihihi… Ini masih pesenan mbak Fency juga untuk imlek, tapi disesuaikan dengan warna2 weddingnya nanti…See u next week ya buuu…. :)

pink-peach-green-swirl-cupcakes-maki-cakes

peach-lime-green-cupcakes-maki-cakes

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 172 other followers