Archive

Archive for January, 2011

Strawberry Shorthcake, Princess & Hello Kitty Cupcakes for Amabel

January 31, 2011 5 comments

Yeah last week I worked harder than before, kenapa? karena kintan mau masuk sekolah, wakakak… Ujung2nya yang bayarin tetep Paki juga sih, hahahah, tapi alhamdulillah pas kita butuh2nya kok ya orderan banyak, sangat disyukuri….

Fotonya jangan ngarep yang bagus ya, udah bagus inget foto2, hahahaha…. Yang bikinnya setengah mati itu figurin strawberry shortcake, garis2 bajunya itu bo, digarisin satu2 pake spidol edible, hedeehhh, pink ijo merah ijo pink ijo merah ijo pink dst loop until pingsan. Dan karena tinggi tabung yang buat mbungkus nanti cuma 10cm, jadi ini figurin ngga boleh tinggi2, huhuhu… -tambah nangis-

Big order lah buat saya, berapa sih jumlahnya? jumlahnya 90an, tapi masing2 pake figurin duduk, huwaaa… pagi2 bangun nyicil figurin, tidur jam 12 malem, besoknya bikin lagi, meja makan tak terurus, boro2 mau masak, halah beli bubur ayam yang lewat aja. Anak2 gimana? anak2 ya sama mbaknya kalo weekdays, kalo pas weekend kemaren ya sama mbak pak andri…

tau mirip nggak nih, hiahiahiahia….

princess dan kawan kawan…

figurin yang sudah selesai, ditancepin di stereofoam, menjelang cover kuenya, itu motong2 fondant bulet2 supaya nanti tinggal tempel…

supaya kerjaan efisien, buat daftar, figurinnya apa, covernya warna apa, sesuaikan jumlahnya, jadi nanti nggak buang2 waktu mikirin warna2…

ini cupcakenya, white chocolate mud cupcakes with chocochip, ini juga mesti melewati proses pensortiran :D yang terlalu pendek nggak lolos audisi…. buat dimakan kinar aja…

cupcakesnya sudah dipoles, tinggal tempel covernya dan figurinesnya…

begini jadinya… itu apaan tuh yang di sebelah? itu hairdryer, wakakkaka, pas bikinnya emang lagi musim ujan jadi beberapa jam sekali mesti diangin2 biar kering…

sabar ya pak, qeqeqeq, kan cita2nya nguliahin anak2 ke luar negri, kekekeke, jadi nyari uang dan nabungnya dari sekarang, maklum pak istrimu kan kerjanya mbakul, kadang laris kadang gak, ya kalo pas laris sabar2 aja kalo disuruh nungguin anak2 :D

ini yang cupcake set isi 6.

Karna kue2 ini ada segambreng, termasuk kue barbie yang di postingan sebelum ini, aku dan papa anter kuenya sendiri naik mobil, setelah papa pulang kantor, jam 10 berangkatnya, wakakkaka, anak2 udah pada tidur di mobil, jalanan suepiiii ajegileeeh, andaikan jakarta tiap hari begini pasti aku udah pinter nyetir daridulu, wakakakaka, sayangnya kalo siang kok ya macet, jadi nggak bisa2 deh nyetirnya :D

Mbak Untari makasih banyak ya, maturnuwun atas pesanan borongannya :) Selamat ulangtaun Abel :)

Categories: Uncategorized

Barbie Doll Cake for Amabel

January 31, 2011 Leave a comment

Inspiration can come from anywhere, rite? riiiiteeeeee…. Bagaimana caranya nyari perpaduan warna yang baik dan cocok? kalo saya sih biasanya warna2 itu coba disanding2kan, satu2, kalo roknya pink, bajunya apa ya yang cocok, trus warna aksennya apa yang sesuai, balance atau tidak kanan dan kiri, atas dan bawah…. Bagaimana taunya itu balance atau nggak? Ya nggak tau, kayaknya itu intuitif ya, terima kasih emakku, kau berikan aku makanan yang bergisi sewaktu aku kecil, sehingga walaupun nggak sekul di jurusan desain grafis, tapi saya punya sedikit feelingnya - ya kadang jalan kadang nggak nih feelingnya, mungkin karna makanan nggak bergisi waktu kos saat STM dan kuliah yang nggak lulus2 itu, wakakak-.

Ini contoh sumber inspirasinya. Pas mbikin kuenya sih asal tempel aja, eh ternyata secara nggak sadar saya nyontek color tones bajunya Kinar, wahahaha… Ini difoto deh hasil karya dan sumber contekannya, qeqeqe…. terima kasih ya kinar (dipaksa berdiri nyender di tembok di bawah kue, wakakak), emmuach!

Categories: 3D Cakes

Girl on The Beach Cupcakes

January 31, 2011 3 comments

Pesanan mbak Sita untuk adiknya, tiap cupcakes udah dikasih draftnya mau dihias apa, ada figurin cewek pake gaun pantai, papan surfing, sepatu Crocs warna biru, baju diving, tas dowa, sendal pantai, dan bintangnya adalah bunga sepatu warna biru, eng ing eeeng, gimana buatnyaa, huaaa… Sementara cuaca lagi mendung, hujan, fondant nggak mungkin bisa tegak berdiri atau kering, haduuh pingin punya AC, huaaa :(

Buka2 buku, ada cara bikin homemade gumpaste di buku Romantic Wedding Cake bu Kerry Vincent, setelah browsing juga sampe keriting ada yang pernah bikin dan difoto http://www.flickr.com/photos/cdgleason/4031651665/ .

Gumpaste/Flower Paste
Kerry Vincent

Bahan:
250 gram gula halus kualitas baik
1 putih telur / meringue powder dan air hangat sesuai takaran di kemasannya
3 sdt tylose (CMC)

Cara membuat:
Kocok telur sampe sedikit berbusa, masukkan gula, kocok sampai menjadi royal icing, masukkan tylose. Lalu diuleni sampe tercampur rata, kalau lengket diolesi mentega putih. Simpan di kulkas semalam, kalau mau pake keluarin dari kulkas lalu tunggu sampe suhu ruang, baru diuleni dan siap dipakai. ini hasilnya ya nggak banyak, kira2 1 kepal tangan, ya cukup buat 1 kali decor. Kalo ada sisa dimasukkan kulkas lagi.

Memangnya gumpaste yang sudah jadi nggak ada? ada sih, merk Wilton, sekantong sauprit mahalnya jeh, tau juga bagus apa enggak ya, belum pernah nyoba…

Bunga sepatu dari gumpaste, karna gumpaste jadi bisa digiling tipis, hehehe, jadi pengen belajar bikin bunga2an…

Categories: Uncategorized

Mannequin Cake with Necklace

January 31, 2011 Leave a comment

Sudah dibahas cara bikinnya di FB ya, tidak sesulit yang dibayangkan kok, cuma ya harus agak teliti aja dimana si bagian beha harus diletakkan supaya keliatan proporsional, qeqeqeqeq…. terima kasih Amelia pesanannya :)

Categories: 3D Cakes

Mickey Mouse Clubhouse Cake for Anthony

January 31, 2011 2 comments

Hihihihi, update blognya lamaaaa, soalnya mesti bolak balik liat data mana yang udah diupload mana yang belum, kekekeke, trus ini pesanan siapa dikirim kemana, hihiihi, lupa…

Hai haaaaiii…. saya kembali lagiii, ini foto udah pernah diposting belom ya, lupa, kalo udah ya maap, hahahah… Ini cake mickey mouse clubhouse ukurannya basenya 22cm, harganya, ya liat di web aja, http://makicakes.com , panduan harga ada di bagian info, yang di gallery juga ada harganya satu per satu.

Mainannnya itu dari plastik, minta dari mbak Shinta, hihihihi, makasih ya mbaaak, belom bayar nih :D

Categories: 3D Cakes

Apa kabarr???

January 17, 2011 11 comments

Halo apa kabaar?

Waduh gawat nih update blognya, bener2 sebulan sekali, hihihihi… Lebih banyak tulis menulis di FB daripada di blog sini. Tapi walaupun begitu, bikin kue masih kok, dan sekarang menggiatkan lagi belajar cake decorating, cari-cari ilmu baru di youtube dan baca2 lagi buku decorating yang sudah lama bulukan :D

Minggu lalu saya dapet kunjungan dari teman-teman dari Singapore, emailnya sudah beberapa bulan yang lalu, eh akhirnya tiba juga bulan Januari, saya dibooking untuk kursus 4 hari, belajar figurin dasar dan figurin lanjutan, decorating cake dasar, camera cake dan handbag cake. Deg2an lah nek yaaa, ini baru sekali2nya ada orang dari luar negeri belajar ke maki, huhuhuuuu… Karena email2nya pake bahasa inggris, takutnya ngajarnya mbulet because you know, my english amburadul lah yauw, hahahaha…. Eh ternyata lancar2 aja tuh, Upin Ipin mode on, ahahha…. kakak2 students pake bahasa melayu, ogut pede pake bahasa indonesia raya, kekekeke, nyambung aja tuh :D

Dari airport ke Depok kira2 ya 2 jam…. Untuk penginapannya, di Depok setau saya cuma ada 1 hotel, namanya hotel Bumi Wiyata, the one and only deh, ngga ada pilihan laen, jadi kak Sue, kak Ani dan kak Ros nginep disitu. Alhamdulillah katanya hotelnya bersin dan nyaman, makanannya juga enak… Dari hotel ke rumah, dijemput pake taksi, TAXIKU. Karna saya udah jadi pelanggan taxiku, saya yang teleponin armadanya, tiap pagi tamu istimewa saya ini dijemput, lalu sorenya diantar pulang… Aman-aman saja alhamdulillah.

Kelasnya, hahaha, heboh deh, nggak pernah ketemu, nggak friend di facebook sbelumnya, tapinyaa 3 orang ini, walopun cuma 4 hari di rumah, sudah saya anggap keluarga sendiri… Selagi serius2nya bikin figurin, Kintan dan Kinar berisik berantem rebutan mainan, kadang Kinar nangis minta susu, tengah2 ngehias kue kamera mesti berenti karna nonton topeng monyet dulu di depan rumah, hahahaha…

This slideshow requires JavaScript.

Saya memang yang jadi gurunya, tapi saya juga mengambil banyak pelajaran dari 3 kakak saya yang datang jauh2 dari Singapore ini, juga dari semua teman-teman yang mengunjungi saya untuk ikut kursus. Bahwa tidak ada yang bisa menghalangi kita untuk menuntut ilmu. Jarak dan waktu bukan batasan. Kalopun terbatas oleh jarak dan waktu, ya pinter2nya kita saja untuk bermanuver, hehehehe…. Saya sering online jam 10 malem kadang sampai jam 12, jam 1. Kadang tidur jam 10 tapi jam 3 bangun, hanya untuk mencari tutorial ilmu2 baru di Youtube dan Google, karena judulnya menuntut ilmu jadi peru situasi yang tenang. Kalo ada lagunya Poppy Andariesta yang judulnya “Im single and very happy”, saya juga punya lagu judulnya “Im married punya 2 anak balita and very happy too” kekekek…. Belum bisa belajar langsung ketemu gurunya, ya belajar dulu lewat internet, atau beli buku. Buku2 decorating memang harganya mahal, tapi yang harus kita ingat, kalau mengejar impian memang butuh pengorbanan, baik korban waktu, tenaga, dan materi… Tidak ada cerita duduk santai dan semua impian terkabul dengan sendirinya (walaupun mungkin kelihatannya ada beberapa orang yang begitu), saya tipe orang yang kurang percaya dengan hal-hal macam begitu.

Sepanjang saya membangun Maki Cakes dengan suami, saya lewati semua seperti air mengalir. Pernah saya bikin 40 cupcakes dengan bahan 100 cupcakes, karena 60 diantaranya gagal, nggak mateng, akhirnya dibuang :D Bawa kue dipangku di paha, naik motor 30 kilometer dan lebih nganter kesana dan kesini. Sengsara? Ya nggak kok, pada waktu melewatinya ya biasa2 aja, namanya juga jualan, mau gimana lagi, merengek manja2? hayah mending manjanya dibuang ke kali :D

Oh iya, kemaren saya beli buku di Gunung Agung, mungkin di Gramedia juga ada, judulnya Titik (tidak bisa) Balik, penulisnya adalah Basri Adhi yang punya waralaba kopi blender Misterblek, sampul bukunya bisa dilihat disini, saran saya, beli deh! Indah lho melihat sudut pandang orang yang selalu optimis dan berfikir positif. Kata beliau, yang harus dipunyai untuk membangun sebuah usaha, yang pertama adalah SEMANGAT, yang keduanya baru deh modal :D

Demikian apdetan blog dari saya, kekeke, lho poto kuenya mana? entar2an deh, hhihihi, belom ada waktu ngapdetnya… :D

Categories: Di balik layar

Maki Cakes & Fotografi di Nova

January 7, 2011 8 comments

Heheheheh, believe it or not, saya bisa mejeng di Tabloid Nova, dengan bahasan yang nggak tanggung-tanggung, Food Photography, wkwkwkwk…. Hayoh, motret aja nggak tau teorinya sama sekali, 1 kue bisa dipoto 20x dari segala penjuru, yang dipake biasanya cuman 1 atau 2 :D kalo wedding bisa 100 kali jepret malah, wakakaka…. Nggak kayak papa yang kalo dimintain tolong untuk poto, waduh, irit banget, 1 kue maksimal cuma 4x jepret dan bagus semua :p

Jadi, konsep poto saya adalah natural, natural light, natural background. Natural background ya pokoknya moto kue di teras depan, backgroundnya bisa apa aja yang ada disitu, ya kadang sepeda kintan yang biru itu, kadang jemuran bayi, kadang tali rafia, motor, kadang kinar lagi ngapain, wkwkwkwkw, nggak jelas… Ya tapi ada untungnya deh, hayo siapa yang mau ngambil poto saya buat jualan, udah diwatermark segede itu, plus kalo mau ngaku2 itu poto bikinannya, lha itu begronnya jelas2 rumah saya, wakakakka…

So dont worry be happy, nggak bisa fotografi bukan berarti nggak bisa menghasilkan foto yang bagus kok, semangaaaaattt!!

Categories: Di balik layar

Barbie Doll Cakes

January 7, 2011 Leave a comment

Mungkin deep down inside (taelah, hihihihi), sebenernya saya ini punya bakat untuk dandan… Soalnya ngedandanin kueh2 barbie begini ya sebenernya bisa lho, dipakein baju, bando, tapi kenapa ya, mendandani diri sendiri kok susah, wakakaka…. Ya sudah terima nasib aja, mungkin memang yang kayak gitu nggak mengalir di darah saya, beli lipstik aja ampe kering, ada yang di dashboard mobil sampe ga inget, wkwkwk…. Make up nya cukup minta bedaknya anak2 aja…

Ini yang biru pesanan mba Stella di Papua, wuaaah jauh amat, mba Ella ini udah sering pesen kue, dulu wedding nya juga pake wedding cupcakes dariku, thanks ya mbaaa :)

Yang pink ini pesanan mbak Vera, mamanya Safaraz, bikinnya mirip yang pink black barbie yang dulu pernah dibikin tapi dimodif sedikit, makasih ya mbak :)

Categories: 3D Cakes

Looney Tunes Birthday Cupcakes

January 7, 2011 1 comment

Untuk Stilonya mbak Tishaaa…. Pasukan Looney Tunes, bikin tazmania yang paling lama karena nancepin giginya mesti satu2, hedehh, untuk ga pake behel, kekeke, bisa lebih lama lagi… tengkiyu yaa mbak Tisha yaa… :)

Categories: Cupcake

Pablo Backyardigans Cake for Safaraz

January 7, 2011 1 comment

Kueh 3 dimensi… Semoga tahun 2011 banyak yang pesen kue kayak giniiii, hihihi, lutu lhooo bisa dipeluk2 qiqiqiqi…. Ini mulai dari kepala sampe badannya isinya kue, yang bukan kue itu tangan dan kaki dan topi baling2 yang di atas kepala itu. Well belum mulus2 banget sih, itu bagian sambungan kepala dan badan masih kayak bekas digorok, wkwkwkw, ya next time better deh… :) Terima kasih yaa mbak Vera mama Safaraz, birthday cake kedua untuk Safaraz yang aku buat, terima kasih banyaak :)

Categories: 3D Cakes

Mountain Bike Cake for Pak Luki

January 7, 2011 1 comment

Hiehehhehe, mana yang yang pesen kue nih, mbak Atiiii….!

Ini pesen kuenya di tanggal 22 desember menjelang natal. Nah kalo menjelang hari2 holiday besar gitu, biasanyaaa kurir kue itu sampe overload, saking banyaknya kiriman, sehingga untuk amannya aku nggak nerima pesenan kue kecuali mau ngambil sendiri di rumah di Depok. Lha kok yaaa, mbak Ati n friends yang pesen kue untuk bosnya ini, mau lho ke rumah ngambil kuenya, naik taksi, mana mogok lagi di tol, wkwkwkkw…. :D Sehingga dari Cinere ke Depok ke Kebon Sirih menunjukkan argo yang fantastis, qqiqiiqiq… makasih lho mbak Wati…. :D

Pasti deh karena pak boss ini sangat dicintai stafnya, sampe dibuatin kue yang kayak gini. Terhura deh saya kalo ada pesenan yang kayak gini… Pak boss ini sangat suka mountain bike sehingga kuenya bernuansa hutan, alam, pohon2 dan tak lupa sepedanya parkir di deket pak boss. Dengan kaos jersey yang tulisannya BIKER, hahaha… (jersey nya warna orange kayak punya papa yang jerseynya cuma 1, dipake bertaun2 (biasa papa kalo belom jebol belom ganti, bulukan doensn’t matter :p)).

Acara surpres berjalan sukses kata mbak Ati, sampe ngumpet2 di ruangan pak boss segala, hahahaa… Dan kuenya katanya rasanyaaaa, woow… ngggak tau rasanya karna diangkut pulang sama pak boss, ihihihihi, next time ya mbaaak ta buatin… makasih banyak ya untukmu dan CIU family… :)

Categories: 3D Cakes

Pembuka 2011, welcome to makicakes.com!

January 2, 2011 5 comments

Impian lama, punya official website, nggak cuma punya domain aja yang diredirect ke blog.

Dengan website ini, semoga bisa memberi informasi lebih jelas, karena sayanya suka nggak jelas kalo ditelpon jarang diangkat :p Form order sudah disediakan, tapi kalo mau order dengan kirim email spt biasa juga boleeh, info kursus ada juga, video yang masuk tipi juga ada, hihihi jadi malu :D

2010, tahun yang penuh makna, bertemu dengan customer-customer baru, jadi teman baru. Pindah ke rumah baru, ada ruang lebih luas untuk dapur kue, ruang decor, dll.  Awal tahun struggle dengan Kinar yang masih bayi, dan sampe sekarang masih struggle juga, hahahaa, kalo saya lagi bikin kue sekarang sudah bisa neriakin “Mamaaaaaa!! MAMAAAAA!” hahaha…. Formasi asisten sudah lengkap, mbak indun kembali lagi mengurus gosokan baju, hehehehe, Kinar juga sudah ada mbaknya, namanya mbak Wardah, walopun pulang hari, tapi saya sangat terbantu, jadi bisa ngadain kursus dll. Bu Iwan, farewell bu Iwan… Bu Iwan sudah tidak di Maki Cakes lagi, resign karena keluarga lebih membutuhkan bu Iwan di rumah… Terima kasih ya bu… Sekarang ada mbak Mela, asisten kue yang baru, alhamdulillah cepat belajarnya, seminggu masuk langsung dapet tugas bikin 25 buah kue ukuran 18cm, sampe beberapa hari pulang tengah malem, hihihihi, alhamdulillah sukses…

Walopun ada web, tapi blog ini nggak ditinggalkan kok, tetep postingnya disini… Happy New Year teman-teman, semoga tahun ini lebih baik lagi… :)

Categories: Di balik layar
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 168 other followers