Home > Cake Kukus (Steamed Cake) > Bolu Gula Merah

Bolu Gula Merah

Apaaa??? bolu lagi???? nggak bosen??? bosen sih, makanya… papa, beliin oven dong, hihihih….

Bolu Gula Merah

Resep aslinya sih katanya bolu sakura, tapi bolu sakura yang asli itu pakenya caramel, tapi ini pake gula merah aja.

Bolu Sakura/Gula Merah
Sumber: Tabloid Koki

Bahan:
2 btr telur
80 gr margarin
100 gr gula halus (aku cuma pakai 50 gram aja, ga doyan manis)
200 gr terigu protein sedang (segitiga biru)
1 sdt baking powder
100 ml santan (aku pakai susu UHTnya kintan, hihihi, wanita modern bo, males lah pake santen2an :p)
100 gr gula merah, sisir halus
50 ml air
50 gr kelapa parut, kukus. (aku gak pake)

Cara:
– Campur air dan gula merah, rebus hingga mendidih dan gula larut.
– Kocok margarin dan gula halus sampai putih dan mengembang.
– Tambahkan telur satu persatu. Kocok rata. (aku tunggu lama kok gak ngembang2, eh ternyata emang gak bisa ngembang, hihihi)
– Masukan terigu, baking powder, aduk rata. (ini lengket dan agak berat, aku ngaduknya pake whisk supaya campurannya jadi halus)
– Tuang santan dan gula merah, aduk rata. – siapkan cetakan, olesi minyak.
– Tuang ke cetakan, 1/2 tinggi cetakan. (setengah aja lho)
– Kukus hingga matang.
– Sajikan, taburi kelapa parut. (aku nggak pake kelapa)

Kintan suka lho! temennya aja juga dibagi, hihihihi… ๐Ÿ˜€

Bolu Gula Merah

bolu-gula-merahkintan.jpg

bolu-gula-merahkintan2.jpg

  1. May 8, 2007 at 9:50 am

    duuh…kintan baik banget deh sama temennya
    lah temennya kok ya suka juga๐Ÿ™‚

    ps: bikin es krimnya aku juga pake whippedcream kok,
    iya, rada cepet lumer, kapan2 pengen coba campur gelatin,
    tapi gak masalah juga sih, begitu di-scoop langsung dimakan
    jadi gak ketauan cepet lumernya :p

  2. pawonsempit
    May 9, 2007 at 1:48 am

    kalo pake gula palem mestinya warnanya lebih coklat nih ma ki…:)

  3. Larisa
    August 10, 2007 at 2:02 am

    Mbak mau tanya bolu gula merahnya dikukusnya berapa lama? Pengen nyoba bikin nih, keliatannya enak banget. ๐Ÿ™‚
    Ma kasih yah!

  4. August 10, 2007 at 3:11 am

    * Kalo mau bikin jumlah gulanya jangan pake versiku ya, nanti kurang manis, aku ga suka manis soalnya. Kira2 30 menit mbak… ngisi di cetakannya setengah aja soalnya nanti ngembang banget…

  5. June 18, 2008 at 11:23 am

    Kintan kok lucu bgt y..mpusnya..mau makan bolu…hi3x…aku mau coba bolunya mungkin mirip2x..kue putu kali y..

  6. Mila marsha
    May 21, 2010 at 9:15 pm

    Jd pengn nyoba…

  7. October 18, 2011 at 10:09 am

    yampun lucu sekali kintan , saya baru tau kalo bolu bisa diisi dengan gula merah๐Ÿ™‚

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

