Home > cake > Chiffon Ketan Hitam

Chiffon Ketan Hitam

Buat papa yg cuma suka sama kue ketan item dan kue pisang… *sighh….

Dari blog Ibu Ruri resepnya, makasih ya bu…

Chiffon Ketan Hitam

Chiffon Ketan Item
Bahan 1 :
200 ml putih telur ~ sekitar 5 butir deh yaa
150 gr gula pasir (aku cuma pake 110 gram aja)

1/2 sdt garam

Bahan 2 :
5 butir kuning telur
100 ml santan kental (aku pake susu UHTnya Kintan, psssttt papa gak tau, hihihi)
75 ml minyak sayur (minyak goreng)
150 gr tepung ketan item (diayak)

Cara membuat:

1. masukin tepung ketan item kedalam wadah, buat lubang ditengahnya
2. tuang kuning telur, minyak sayur dan santan
3. aduk searah pake whisk sampe jadi adonan yang kental, pastiin si tepungnya larut semua ya, jangan sampe ada yang mringkil mringkil
4. campur putih telur, gula pasir dan garam
5. kocok campuran putih telur dengan mixer kecepatan tinggi sampai kental
6. campurin adonan putih telur ke dalam adonan tepung, aduk pake spatula sampe tercampur rata, jangan sampe masih ada adonan putih telur yang misah ya
7. tuang ke loyang chiffon yang tidak dioles sama sekali, bagian dasarnya boleh dialasi kertas roti
8. panggang dalam oven suhu 180° C selama ± 50 menit (di ovenku sejam lebih, aku tinggal makan sate ke warung depan gapapa tuh, kekekek…)
9. setelah matang, keluarkan dari oven, langsung tunggingin si loyang sampai dingin, baru keluarin chiffonnya. Caranya? How? Kagak tumpah kuenya?
Gak tuh ternyata, hihihi… Kue yang aneh!

loyang-chiffon-dibalik.jpg

loyang-chiffon-dibalik-2.jpg

(dari bu Ruri) psssttt……

* yang triky di chiffon adalah manggangnya, cek dengan cara pegang permukaan cake, kalo permukaan cake masih berasa bunyi kreess…. kayak yang ada busanya tuh, nah itu belon cukup mateng, panggang lagi sampai kalo permukaannya diteken dia akan naek lagi
* eh iya, waktu ngecek gini, cakenya jangan diangkat dari rak oven ya, jadi masih diatas raknya ajah
* terus, begitu keluar dari oven, langsung ditunggingin ya, jangan ditunggu dulu, dijamin bakal mimpes dengan suksesnya
* waktu ngeluarin cake, selipin pisau panjang yangtipis yang tajem di antara cake n loyang, jalanin muterin loyangnya, jangan naek turun ya, ntar pinggiran si chiffon jadi rompal rompal
* kalo cakenya masih lengket ke dasarnya, pake cara yang sama.

Ohhh begituuu…. Akhirnya nambah lagi resep ketan item. Laen kali bikin pizza ketan item kale buat si papa, hihihihi…

Categories: cake
  1. June 4, 2007 at 7:00 am

    wah ini roti emang enak, bawa ke kantor sekotak cuma dapat satu potong😀
    bablas rotine!

    dirumah masih ada gak ma?

  2. June 4, 2007 at 7:02 am

    habisssss😀
    tenang say, tepungnya masih banyak kok….

  3. June 4, 2007 at 8:21 am

    Sebenernya si Papa juga mau tuh ada susu dikit2 .. gak komplain kan sama 100 ml susu UHT🙂

  4. June 4, 2007 at 8:40 am

    hehehe, karena susu-nya gak dominan, soalnya sensitif nih sama susu😀

  5. June 5, 2007 at 5:41 am

    waaa rajin banget bikin kue ya si mama,
    lama gak mampir banyak kue-kue baru, hebat euy!!

    btw, kalo loyangnya ada kaki-nya gitu
    kayaknya gak usah pake botol juga gapapa deh jeng,
    kue ini memang aneh ya…😀

  6. June 5, 2007 at 5:45 am

    Kintan disuruh2 minum susu, dianya sendiri gak mau minum susu :p

    Oh gitu ya mbak? baru tau, hihihih… kupikir lebih tinggi botol, lebih bagus kuenya, hahaha, ternyata gak ngaruh ya😀. Thanks mbak…

  7. MamaAcha
    November 2, 2007 at 9:53 am

    Mama Kintan,

    Wuiih, chiffon ketan hitamnya menggoda banget ya… Jadi pengen coba di rumah. Tapi gak punya loyangnya. hik..
    Jadi, mau tanya aja deh soal resepnya. (nanti kalu udah beli loyang, dah siap tempur. hee) ‘masukkin tepung ketan hitam ke dalam wadah, terus lubangi tengahnya’. Terus diaduk searah setelah dicampur kuning telur, minyak sayur dan santan. Maksud lubangi tengahnya bagaimana ya? Terus, apa enggak susah tuh ngaduk kuning telur, minyak sayur dan santan dengan tepung kering?

  8. November 5, 2007 at 6:10 am

    * udah pokoknya dicampur aja, gak dilubangi juga gak apa2😀. Coba aja dulu yaa, nanti juga ketemu jawabannya…😀

  9. ira
    July 18, 2008 at 12:36 am

    mama kintan… kl saya pengen tanya dan belajar lebih dalam tentang kue bisa dunk …… :-)tuch kuenya enak dech … bisa minta resepnya g yach …. makasih

  10. rini
    November 16, 2008 at 5:25 am

    halo mbak yulia,

    aku kemaren nyoba resepnya kuwe ini lho, tapi gagal hix..hix..

    kok chiffonnya ga ngembang ya? malah hasil jadinya kayak brownies😛
    rasanya sih masih bisa dibanggakan tapi karena gagal ,batal pamer ke ibu mertua deh. hehehe.

    aku nyoba persis resepnya (alm) bu ruri. apa karena santannya terlalu kental ya (aku pake santan instan -kara-tanpa diencerin), ato karena ngaduk putih telurnya ga pas (perasaan dah sampe ngembang deh) , dipanggangnya pake api sedang hampir 2 jam lho???

    help me plis, karena aku asli blm kapok nyoba lagi nih hehehehe.

  11. shanti
    January 24, 2009 at 10:52 am

    hallo mbak…

    Numpang nanya dong…rasanya beda gak antara pake santan dan susu cair?lebih yahud yang mana ya?….thx

  1. October 8, 2007 at 5:23 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: