Home > Cupcake > Muffin Jagung Ayam Keju

Muffin Jagung Ayam Keju

Wiken kemaren kita bertiga ke Gramedia, alasannya mo beliin kado ultah anaknya tetangga, eh pas kado udah dapet, cling! papa ngilang ke deretan novel, beli buku Drakula. Aku? srooot! menghilang ke tumpukan buku masak2an, beli buku kue, kekekek…  Kintan? Kintan beli buku Variasi Makanan Balita, wahahahaha, sumpah dia milih sendiri!

Muffin ini deh hasilnya. Rasanya asin dan manis, enak kok. Bergisi karna ada ayam, susu dan keju, pokoknya rasa kumpeni banget deh, wakakkaka… Tadi pagi sarapan ini 2 biji, mmmhhh rasanya bagaikan makan nasi uduk komplit 5 piring, kenyaaang…

Muffin Jagung

Muffin Jagung Ayam Keju
Aslinya judulnya Muffin Ayam Jagung Pedas dari buku Muffin bu Siska Suwitomo.
Jadinya sekitar 12 buah.

Bahan:

  • 125 gram margarin
  • 50 ml susu cair
  • 2 butir telur
  • 50 gram gula pasir (aku tambahi 1 sdm)
  • 200 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 sdt baking powder
  • 200 gram jagung manis pipilan, direbus (aku cuma pakai 1 buah jagung, aku sisir, rebus, dapet 150 gram )
  • 3 lembar ayam asap, iris (aku pakai daging ayam asli, kira2 75 gram, direbus lalu suwir2)
  • 1 sdt cabai bubuk (aku gak pake)
  • 1 sdm seledri/peterseli cincang (aku gak pake)
  • 50 gr keju cheddar parut

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat  Celcius, siapkan loyang muffin dan beri kertas cup (aku pakai 2 loyang yang isi 6).
  2. Lelehkan margarin + susu cair, jangan sampe mendidih. Kalo udah cukup panas, walopun belom leleh semua matikan api, nanti yang belum leleh akan leleh sendiri kok.
  3. Kocok telur dan gula sampe gulanya hancur/larut, aku pake kocokan tangan aja, gak usah mixer.
  4. Masukkan terigu yang sudah dicampur baking powder dan soda kue, aduk pake spatula.
  5. Masukkan margarin leleh tadi, aduk. Tambahkan jagung, ayam dan keju (kejunya sisain dikit buat taburan). Aduk rata.
  6. Tuang ke loyang sampai hampir penuh (karna ngembangnya cuma sedikit), taburi sisa keju parut, panggang kurleb 20-25 menit sampe mateng.
Categories: Cupcake
  1. June 18, 2007 at 5:19 am

    Ancene toube markotob si maki ini !!! go go go makiiiii….

  2. June 18, 2007 at 5:46 am

    wenakk ketoknya.. =p~

  3. June 18, 2007 at 8:39 am

    hmmm. romannya taon depan udah bisa buka warung tenda neeh..slruuuuuupppppp

  4. June 19, 2007 at 4:33 am

    buat sarapan enaknyeeeee

  5. June 19, 2007 at 8:12 am

    aiih… minta resepnya yaa…

    *muffin-lover*

  6. June 19, 2007 at 9:32 am

    *go go go emang mau balap karung?😀 thanks mb Ve, muach!

    *Ninaa, ayo kutunggu kiprahmu di dapur nak…

    *Aminnn, makasih mbak Dian, ciehhh jadi malu aku, uhuyyy…😀

    *Enak mbak Miming, tapi aku sih enakan nasi uduk kali ya, hihii…

    *Wiih jadi gak enak bu guru minta resep ke aku, hehehe, wokedehh silahkan copy copy bu guru…🙂

  7. March 4, 2008 at 2:00 pm

    Bu, permisi esepnya
    boleh modif dikit ya buat potluck kopdar nih

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

