Archive

Archive for March, 2008

[KBB] Chocolate Swirl Meringues

March 31, 2008 14 comments

* hosh hosh hosh… Mbak Arfi, monggo silahkan duduk… Anu, mau minum apa ya? kopi, teh, sirup, jus, susu sapi, susu kedelai, susu kuda liar? monggo2… duduk dulu… mau dipanggilin tukang pijit?… hihihih, nyogok abis2an… :p

logo-march-apr08.jpg

Tantangan #4: Chocolate Swirl Meringues

Tingkat kesulitan: Menantang

Ketentuan: Hasil akhir meringues harus tetap putih dan sudah masak; variasi sajian diserahkan kepada selera masing-masing (misalnya dengan menambahkan buah-buahan kesukaan anda dan keluarga, dsb)

Note: Resep meringues ini mempunyai teknik yang unik yaitu dengan merebus gula dan putih telur dengan panas yang sangat kecil di dalam mangkuk yang diletakkan di atas panci yang berisi air panas.
Tingkat kegagalan bisa saja tinggi dan bisa saja rendah. Kunci kesuksesannya adalah saat merebus putih telur, jika api terlalu tinggi, bisa jadi putih telur akan berubah jadi putih telur rebus. Resep ini menantang untuk dicoba! Selamat berjuang!

——————————————————————————

Chocolate Swirl Meringues

Sumber: Taste. (Untuk 6 porsi (besar), 10 porsi (kecil))

4 putih telur

225g gula kastor [aku pake 160gram gula ya bu, takut kemanisan, mohon maaap]

1 sdt tepung maizena [aku pake 2sdm]

1 sdM coklat bubuk

thickened cream untuk sajian

Panaskan oven suhu 150C fanbake (kalo ga punya fanbake pake 120C aja,
setting bake). Campur putih telur dan gula di dalam mangkuk tahan panas yang
diletakkan di atas panci berisi air panas. Jangan sampai pantat mangkuk
menyentuh air karena putih telur akan bergumpal-gumpal. Aduk pakai sendok
kayk hingga gula betul2 larut dan adonan terasa panas jika disentuh, lalu
angkat dari kompor.

Kocok adonan putih telur dan gula ini menggunakan mixer selama 10-15 menit
sampai betul2 kental, putih dan mengkilap. Masukkan tepung maizena. Ayak
coklat bubuk, lalu masukkan ke dalam adonan meringue menggunakan sendok
metal dengan 2-3 kali aduk. Jangan aduk sampai rata.

Sendokkan (diijinkan menggunakan piping bag-ab) ke atas loyang 6 buah.
Buatlah setiap tumpukan setinggi mungkin (kecuali jika ingin membuat 10 buah
meringue kecil-ab). Masukkan ke dalam oven, turunkan suhu seketika ke 120C
(yang tadi menggunakan 150C fanbake, jika yang menggunakan setting bake 120C
tidak perlu menurunkan suhu oven lagi) dan panggang selama 1 jam 15 menit
(tergantung panasnya oven masing-masing ya-ab). Matikan oven dan tinggalkan
meringe di dalamnya sampai betul-betul dingin. Sajikan dengan krim kental.

——————————————-

Review:

Oke baiklah, dalam pembuatannya tidak menemukan kesulitan yang berarti, kecuali bingung dengan waktu di resep yang menyebutkan dimixer 10-15 kali sampe stiff, lha di aku 5 menit aja udah kayak gini, akhirnya tebak2 berhadiah aku putuskan cukup 5 menit saja mixernya, kekeke…

Hasil akhir harusnya warnanya tetep putih, aiiih punyaku kok buluk2 gini, wawawawa…!! It’s okeee… lanjuuut!

Suhu dalam resep 120 der C, aku sih selama pemanggangan aku puter2 sesuka hati, xixixi, ya pokoknya di bawah 150 di atas 100 lah…. Loyang aku taro di rak bawah paling dekat dengan api…

Setelah 1,5 jam dipanggang, matiin api, lalu dibiarkan sampe dingin, hasil akhir meringuenya gak berubah bentuk sama sekali [tau gitu aku model2 yang lebih asik, kekeke, kirain bakal meleleh kayak kue sus, ternyata enggak]

Mejeeeng…. sambil minta jatah.

Bikinanku kecil2, sekali caplok aja…

Aku nggak pake double cream dalam penyajiannya, soale mahal, diirit2, wakakaka…. Pake blueberry paletta aja, tetep asiiikkk…

kbb4-chocolate-swirl-meringue.jpg

Oke, Yulia telah melaporkan, dan dengan ini saya sudah lulus KBB tantangan ke 4, horeee!

Categories: Klub Berani Baking

Selamat Beristirahat Ben…

March 28, 2008 10 comments

Selamat beristirahat sayang…. Kami mendoakanmu…
——-Original Message——-

—– Original Message —–
From: Novrina Diyanti
To: OrangeKitchen
Sent: Friday, March 28, 2008 1:14 PM
Subject: [OrangeKitchen] OOT : Duka Cita utk Vita

Dear all,,

Inna lillahi wainna illahi rojiun allohuma jurni fi musibati wa akhlifi khoiron minha,, semua yg bernyawa akan kembali kepadaNYA,, ben yg ketika berkunjung ke rumah,, main bersama amanda,, aku peluk tubuh gempalnya sudah di pundut olehNYA,, selamat jalan cah bagus,, semua tante2 di OrangeKitchen menyayangimu,,,

Vita, Hadi & Christin tabah yaaa,,,

Speechless,,,

——-Original Message——-

 

From: Bundainbiz@yahoogroups.com [mailto:Bundainbiz@yahoogroups.com] On Behalf Of Sotya Dewati
Sent: Friday, March 28, 2008 1:14 PM
To: bundainbiz
Subject: [BundaInBiz] Inna Lillahi Wa inna ilaihi Roji’un – Bennet Telah Berpulang

 

Dear all,

Barusan ditelpon Sharah, mengabari bahwa Bennet, putra Mba Vita sudah
berpulang ke pangkuanNya.

Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan.

Saat ini, belum jelas jenazah akan disemayamkan dimana, karena hari ini
seharusnya Ben dipindahkan dari RS MKG ke RSPP Kebayoran Baru. Tapi kabar
terakhir adalah pada saat akan dipindahkan, kondisi Ben justru drop. Kami
akan terus follow up beritanya…

Kami an Tim Mods, EO, dan segenap BIBers mengucapkan turut berduka Cita yang
sedalam-dalamnya, dan semoga Ben mendapatkan tempat yang terbaik di sisiNya.

an Mods

Sotya

 

——-Original Message——-
From: Wisnu
Date: 3/28/2008 1:45:18 PM
To: naturalcookingclub
Subject: [NCC] Berita Duka dari Vita
Dear all,Semua dari kita berasal dari Tuhan, dan kepadaNya lah kita kembali.
Tidak ada yang tahu kapan waktu itu akan datang.Baru saja mendapat berita dari Nilamsari, mengabarkan bahwa Benned,
anak Vita yang kemarin mendapat musibah, telah dipanggil
kehadapanNya hari ini.Atas nama seluruh moderator, kami mengucapkan bela sungkawa sedalam-
dalamnya. Semoga Benned mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan dan
kedua orangtua yang ditinggalkan mendapat ketabahan.

Dengan ini, milis NCC kami buka untuk ucapan belasungkawa. Mohon
tidak mengontak HP Vita saat ini. Kemungkinan HPnya diperlukan
untuk pengurusan almarhum Benned.

Silahkan japri saja, atau kirim ke milis NCC. Perkembangan lebih
jauh akan disampaikan di milis.

Terimakasih.

 

Categories: Uncategorized

Chocolate Birthday Cake for Naufal

March 28, 2008 25 comments

Wuaa lama nggak bikin kue pake ganache, akhir2 ini yang lagi laku pake buttercream, hihihi….

Yang ini pesenan Evi temen kantorku, hehehe, disini wanitanya cuma beberapa aja jadinya pangsa pasar di kantor ini agak seret juga, secara ga mungkin para cowok2 itu rajin beli kue, hahaha… Ga apa, dunia masih luas, iya kan? Thanks ya Vi… 🙂 Semoga suka kuenya….

Pas udah mau menghias, lah, plastik segitigaku mana??? tak ubek2 cuman nemu 2, huhuuuu…. Manyun. Okee baiklah putar strategi, bikin coklat model bulu ayam2an kayak teh Uceu (betapa aku kagum sama talenta dan rendah hatimu, teh…). Coklat putih dilelehkan, dikasih warna, trus ambil sesendok, tuang di kertas roti dan ratakan pakai punggung sendok. Hihihi aku juga bingung ngejelasinnya, belajar sama ahlinya saja, ikutan kursus beliau di OrangeKitchen aja ya… Punyaku masih jelek sih bulu ayamnya, jegrak2 gitu, kekeke, iya lah kalo alus sih namanya bulu kucing, xixixix…

Trus tadi juga sempet lupa juga, yang ultah namanya sapa ya? secara cuman diobrolin di YM dan nggak dicatet di henpon, bodoh. Kayaknya sih Naufal, hiihihi, ya udah nekat aja, setelah di kantor aku cek di arsip YM eeeh beneer, legaaa, wakakaka, pikuuuun!

Yak sebagai penutup minggu ini, kekeke, inilah poto kuenya… Thank you teteh Yuni Shara (hihihihi) atas ilmunya yaa…

Chocolate Birthday Cake, Kue Ulang Tahun Coklat

Chocolate Birthday Cake, Kue Ulang Tahun Coklat

Eh u know, ini lilinnya khusus lho, yang kalo ditiup apinya gak mati2 itu, wakaka… Emang ada?? halah kemana aja sih lu bok… :))

Di tengah2 sesi pemotretan, Kintan datang sambil bawa2 botol kecap “POTOOOO! POTOOO!” halaah, secara takut kueku iseng dilempar pake botol kecapnya [anak kecil kan kadang tidak terduga ya, xixix…], yo wes lah mariiii…. “PAPA CINI PAPAAAA!”, babenya diajak poto juga, hahahah… Jadi yang belom kenal Paki, inilah… 😀