Home > Klub Berani Baking > [KBB] Chocolate Swirl Meringues

[KBB] Chocolate Swirl Meringues

* hosh hosh hosh… Mbak Arfi, monggo silahkan duduk… Anu, mau minum apa ya? kopi, teh, sirup, jus, susu sapi, susu kedelai, susu kuda liar? monggo2… duduk dulu… mau dipanggilin tukang pijit?… hihihih, nyogok abis2an… :p

logo-march-apr08.jpg

Tantangan #4: Chocolate Swirl Meringues

Tingkat kesulitan: Menantang

Ketentuan: Hasil akhir meringues harus tetap putih dan sudah masak; variasi sajian diserahkan kepada selera masing-masing (misalnya dengan menambahkan buah-buahan kesukaan anda dan keluarga, dsb)

Note: Resep meringues ini mempunyai teknik yang unik yaitu dengan merebus gula dan putih telur dengan panas yang sangat kecil di dalam mangkuk yang diletakkan di atas panci yang berisi air panas.
Tingkat kegagalan bisa saja tinggi dan bisa saja rendah. Kunci kesuksesannya adalah saat merebus putih telur, jika api terlalu tinggi, bisa jadi putih telur akan berubah jadi putih telur rebus. Resep ini menantang untuk dicoba! Selamat berjuang!

——————————————————————————

Chocolate Swirl Meringues

Sumber: Taste. (Untuk 6 porsi (besar), 10 porsi (kecil))

4 putih telur

225g gula kastor [aku pake 160gram gula ya bu, takut kemanisan, mohon maaap]

1 sdt tepung maizena [aku pake 2sdm]

1 sdM coklat bubuk

thickened cream untuk sajian

Panaskan oven suhu 150C fanbake (kalo ga punya fanbake pake 120C aja,
setting bake). Campur putih telur dan gula di dalam mangkuk tahan panas yang
diletakkan di atas panci berisi air panas. Jangan sampai pantat mangkuk
menyentuh air karena putih telur akan bergumpal-gumpal. Aduk pakai sendok
kayk hingga gula betul2 larut dan adonan terasa panas jika disentuh, lalu
angkat dari kompor.

Kocok adonan putih telur dan gula ini menggunakan mixer selama 10-15 menit
sampai betul2 kental, putih dan mengkilap. Masukkan tepung maizena. Ayak
coklat bubuk, lalu masukkan ke dalam adonan meringue menggunakan sendok
metal dengan 2-3 kali aduk. Jangan aduk sampai rata.

Sendokkan (diijinkan menggunakan piping bag-ab) ke atas loyang 6 buah.
Buatlah setiap tumpukan setinggi mungkin (kecuali jika ingin membuat 10 buah
meringue kecil-ab). Masukkan ke dalam oven, turunkan suhu seketika ke 120C
(yang tadi menggunakan 150C fanbake, jika yang menggunakan setting bake 120C
tidak perlu menurunkan suhu oven lagi) dan panggang selama 1 jam 15 menit
(tergantung panasnya oven masing-masing ya-ab). Matikan oven dan tinggalkan
meringe di dalamnya sampai betul-betul dingin. Sajikan dengan krim kental.

——————————————-

Review:

Oke baiklah, dalam pembuatannya tidak menemukan kesulitan yang berarti, kecuali bingung dengan waktu di resep yang menyebutkan dimixer 10-15 kali sampe stiff, lha di aku 5 menit aja udah kayak gini, akhirnya tebak2 berhadiah aku putuskan cukup 5 menit saja mixernya, kekeke…

Hasil akhir harusnya warnanya tetep putih, aiiih punyaku kok buluk2 gini, wawawawa…!! It’s okeee… lanjuuut!

Suhu dalam resep 120 der C, aku sih selama pemanggangan aku puter2 sesuka hati, xixixi, ya pokoknya di bawah 150 di atas 100 lah…. Loyang aku taro di rak bawah paling dekat dengan api…

Setelah 1,5 jam dipanggang, matiin api, lalu dibiarkan sampe dingin, hasil akhir meringuenya gak berubah bentuk sama sekali [tau gitu aku model2 yang lebih asik, kekeke, kirain bakal meleleh kayak kue sus, ternyata enggak]

Mejeeeng…. sambil minta jatah.

Bikinanku kecil2, sekali caplok aja…

Aku nggak pake double cream dalam penyajiannya, soale mahal, diirit2, wakakaka…. Pake blueberry paletta aja, tetep asiiikkk…

kbb4-chocolate-swirl-meringue.jpg

Oke, Yulia telah melaporkan, dan dengan ini saya sudah lulus KBB tantangan ke 4, horeee!

Categories: Klub Berani Baking
  1. March 31, 2008 at 4:29 am

    Pertama….
    Minta jatah dwonk Yul……🙂

  2. March 31, 2008 at 4:54 am

    itu grafik utk note nya cantik banget!🙂 meringues nya juga sih😀

  3. March 31, 2008 at 1:29 pm

    Keren, Yul.
    Kayaknya menarik juga kalo ditaro di atas cupcake🙂

  4. March 31, 2008 at 6:10 pm

    bener Yul, mbok tarok’e di cupcake-mu…xixixixiiii…susahan bikin toppingnya daripada cupcake-nya!!

  5. March 31, 2008 at 11:05 pm

    aku mau kopi susu sedikit gula ya tapi ga pake es… lah? lah iku buluk bukan bulukan, tapi coklatnya mak nyamporrrrrrrr!! yo wish, yang penting loloooooooss!!

  6. April 1, 2008 at 5:43 am

    kerennnn boowww….merengnnyaa….jadi pengen nyomott…:D btw itu tanda lulusnya juga sippp….dah gue pasang yul..thankss yaa…:D

  7. April 1, 2008 at 11:55 pm

    cakep banget jeng bentuk swirl-nya.

  8. yeni
    April 2, 2008 at 3:36 am

    duuh..cakepnya…yang lagi mejeeng….kintaaaan kamu lucu amat sih….

  9. April 2, 2008 at 3:48 am

    * Udah habis dimangsa monster2 di kantor😀

    * Mbak Elizaa, aduh senangnya dikunjungi suhu hihihi…. Aduh apa sih yang nggak buat member KBB, hihihi…

    * Hahaha tau ga sih mbak Sheila ini modelnya dibikin semirip mungkin sama jenggot mbak Arfi hahahaha *peace*, coba merengnya dibalik dan gantungkan di dagu masing2… *guling2*

    * Iyo manggang cupcake 20 menit aja kelar, lha ini 1 setengah jam, hayah…

    * Aduh ya meneketehe kalo nyampur, lha jarene aduk 2 sampe 3x, hiks hiks…

    * Monggo mbak Elsye… Member KBB yang udah bikin meringe ambil label lulusnya yaaa!

    * Yah gini lah ndoel, tiap tukang dagang cupcake jadi bisanya bentuk swirl hihihi…

    *😀 makasih yaa tantee…

  10. April 2, 2008 at 6:15 am

    Mba makasih logo lulus, dah saya taro di laporan. BTW karya2nya bagus2 banget Mba, jadi ngiri nih. Apalagi dipotret dg profesional. Halah, sy camdig aja g punya … huaaaa…. gimana bisa pajang hasil karya kyk maki ya….. (lho kok malah curhat ? kek..ke…ke….)

  11. April 2, 2008 at 6:15 am

    Bentuk meringueku kayak donat, coklatnya kecampur lagi, padahal ngaduknya cuman 3x…terlalu bersemangat kali yak. Punyamu lebih cantiiik.

  12. April 2, 2008 at 6:36 am

    * Waduh mbak Chey, mosok pengusaha sekelas mbak Chey ga punya camdig, penting banget lho buat pemasaran produk, kekekek kompor kebakaran… Kalo tetanggaan mah hayuk kamera 1 buat berdua, sayang dikau jauh amaaaat…😀

    * HUahahha, yo i aku juga nih mbak, aku juga cuman 3x, wah resepnya agak2 sesat, xixixix…. Aku ngaduknya sambil nonton sinetron, jadinya lupa tuh 3x apa 30x ya, hahaha….

  13. ria
    April 2, 2008 at 3:24 pm

    2 foto yg bawah anglenya bagus banget… sesuk maneh jari2mu di meni pedi ndisik ben tambah kinclong potone…😀

    *pinjem kintan dong…. pengen ta uyel2*

  1. March 31, 2008 at 5:00 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: