Home > Klub Berani Baking > KBB #8: Bitter Peppermint Chocolate Biscuits

KBB #8: Bitter Peppermint Chocolate Biscuits

Tantangan kali ini dari KBB, berbau2 mint, hiks, sebenernya serem banget aku sama mint, gara2 pernah bikin kue odol yang ini, hahahaa… Anyway ini laporan untuk ibu host mbak Ellen dan mbak Arfi…

KBB #8 – Bitter Chocolate Peppermint Biscuits

Tantangan kali ini mengais soal biskuit. Pernah beli Tim-Tam kan, yang itu tuh biskuit vanila/coklat dilapisi coklat? Naaaaaahhh… kenapa ga bikin sendiri? Cobain yang ini ya, silakan compared dengan Tim-Tam!
Tingkat kesulitan: Sedang
Porsi: 12 potong
Bitter Chocolate Peppermint Biscuits
Source: Donna Hay for Canvas, NZ Herald.

185g butter, softened / 185g mentega, lunakkan (di suhu ruang)

1 cup caster sugar / 1 cup gula kaster
1 egg / 1 btr telur
2 cups plain flour / 2 cups tepung terigu
½ tsp baking powder / ½ sdt baking powder
1 cup icing sugar / 1 cup gula tepung
1 tsp peppermint flavouring / 1 sdt peppermint flavouring
2 Tbs water / 2 Tbs air
200g dark chocolate (70 per cent cocoa) / 200g dark chocolate (70 per cent cocoa)
1 cup cream / 1 cup krim

Preheat the oven to 180C. Place the butter and sugar in the bowl of an electric mixer and beat until light and creamy, add the egg and beat well. Sift the flour and baking powder over the egg mixture and fold through.

Panaskan oven, suhu 180C. Letakkan mentega dan gula di dalam mangkuk mixer dan kocok hingga ringan dan creamy, tambahkan telur dan kocok rata. Ayak tepung dan baking powder di atas adonan telur dan aduk hingga tercampur rata.

Gently knead the dough to bring together. Roll the dough between two sheets of baking paper to 2mm thick. Refrigerate for 30 minutes. Cut out 36 x 7 x 5cm rectangles. Place on baking trays lined with baking paper and bake for 56 minutes or until golden. Allow to cool on trays.

Uleni adonan dengan lembut supaya adonan tercampur rata. Gilas adonan di antara dua baking paper hingga tebalnya berukuran 2mm. Diamkan di kulkas selama 30 menit. Potong-potong persegi panjang dengan ukuran 36 x 7 x 5cm. Letakkan ke atas loyang biskuit yang dialasi baking paper dan panggang selama 56 menit atau hingga kecoklatan. Biarkan dingin di atas loyang tersebut.

Combine icing sugar, peppermint flavouring and water, and mix until smooth. Set aside. Combine the chocolate and cream in a saucepan over low heat and stir until chocolate is melted and smooth. Set aside.

Campur gula tepung, peppermint flavouring dan air, aduk hingga licin. Sisihkan. Campur coklat dan krim di atas panci dengan api kecil dan aduk hingga coklat leleh dan licin tercampur rata. Sisihkan.

Sandwich three biscuits biscuits together with peppermint icing. Repeat with the remaining ingredients. Lightly grease a wire rack and place over a baking tray. Place the layered biscuits on a fork, dip each one into the chocolate mixture, place on the rack and refrigerate for 2 hours or until set.

Rapatkan tiga lembar biskuit dengan peppermint icing. Ulangi dengan sisa bahan. Olesi rak tipis2 dengan margari/mentega dan letakkan di atas loyang. Letakkan biskuit di atas garpu, celupkan ke dalam adonan coklat, letakkan ke atas rak dan dinginkan di kulkas selama 2 jam atau hingga mengeras.

————-

Berikut foto step by stepnya.

KBB8-A

KBB8-B

KBB8-C

KBB8-D

KBB8-E

hasilnya:

KBB8 - Report

Aku cuma pake 2 lembar biskuit, gak 3 lembar karna punya segede kaki dinosaurus gini, hahahaa…. mau motong2 tapi adonannya lembek jadi aku cetak2 aja bulet2.

Laporan selesai ibu host, terima kasih banyak ^_^

Categories: Klub Berani Baking
  1. November 30, 2008 at 3:14 pm

    aku mau yg belum dicelup zoklat aja deh!!😉

  2. November 30, 2008 at 6:01 pm

    padahal kalo ditumpuk 3 asik tuh, jadi kayak Big Mac nya McD hehe..

  3. November 30, 2008 at 10:33 pm

    * ya udah ntar aku cuci dulu biar coklatnya ilang😀 kayaknya aku akan lebih suka kalo essencenya vanilla, aku pake essence mint nya toffieco berasa banget odolnya, huhuuuu, untung cuma 1 tetes aja….

    * kekekeke, iya gede banget ya, itu aja suamiku liat aku makan sampe ngeri, hahahaa….

  4. December 1, 2008 at 6:50 am

    Hehehhe itu yg bintang2 bisa dimakan ngga? hehehe…

  5. December 1, 2008 at 9:05 am

    hiahahaha…. kamu emang makhluk paling mbanyol seluruh indonesiah hiahahhahah…. *sek gulung-gulung ngakak*…. jangan-jangan habis ini unilever pesen sama kamu odol dalam bentuk biscuit… huhuhukkkk…

  6. December 2, 2008 at 3:39 am

    hiyahahahaaaaaaa!!! ember kok ga bisa tipis ya. punya sapa tuh yang laennya tipis, punyaku endut supertebalman hohohohoooo!!

  7. December 2, 2008 at 3:41 am

    eh iya, pas aku cobain pertama keingatan istilah kue odolmu jaman doeloe jaman aku masih bantat deh bkn kueh.. :))
    krn emang rasa kukisnya berasa odol sriwing2.

  8. December 3, 2008 at 12:19 am

    kalo punya mbak mindy kesannya girly krn pake pita, yg ini girly krn pake jepitan rambut ya mbak..huahahaha..kabuur

  9. December 3, 2008 at 1:46 am

    itu tuh padahal essencenya cuma 1 tetes aja lho, tapi ya gitu ampun deh masih pedes juga… ya punyaku emang ga bisa ditumpuk 3, soalnya bentuknya gak rata, berbukit2, kekekkee, tapi enaaaakkk….
    hahahhaa tau aja mbak Lia, dapet dari nyegat abang2 yang jual jepitan sore2 di depan rumah😀

  10. December 3, 2008 at 1:57 am

    Haloo.. Member baru mau mampir dan kenalan. :))
    Punya Mba 1 tetes udah nyengat, Mira pake 1/2 sdt kebayang dong rasanya.. Sampe dibilang kayak makan Pepsodent sama Suami. Hihihhi..

  11. December 3, 2008 at 2:21 am

    aku ngikutin resep berasa kepedesen juga mba tp tetep enyak enyak enyak🙂

  12. mae
    December 3, 2008 at 5:50 am

    mau mau mau…. punyaku dah abyis…🙂

  13. emmy
    December 3, 2008 at 6:06 am

    mbak yulia aku nyontek resep bitter peppermint chocolate biscuit ini yaa…..abis kayaknya enak sehh

  14. December 3, 2008 at 7:34 pm

    duh itcu bintcang² pinky-nya lutuw syekali…

  15. December 9, 2008 at 3:52 pm

    * tampilan bintang pinknya centil banget mbak’, sepadan dengan coklatnya…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: