Home > Klub Berani Baking > KBB#11 – Onbitjkoek

KBB#11 – Onbitjkoek

KBB11logo-MayJune09

Seperti biasa setiap 2 bulan sekali, tantangan dari klub para ibu2 pecinta loyang dan oven (yang meskipun begitu tapi gape facebook an, hahaha), resep diedarkan ke seluruh member untuk -wajib hukumnya- dicoba dan dilaporkan hasilnya di blog masing2.

Kali ini tantangannya bikin Onbitjkoek. Dari baca resepnya aja sebenernya aku udah merinding2 gimana gitu, ada pala, cengkeh, kayumanis, wakakaka… sopo sing arep mangan, aku nggak doyan kue2 yang berbau2 rempah2 kayak gini, hiks… Tapi ada bu Iwan dan eyang yang jadi pasukan penghabis setiaku, hihihi, udah selesai kue difoto langsung dimasukin tupperware buat dibawa pulang😀

Onbitjkoek

Ini resepnya:

ONBITJKOEK

Sumber: Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta. 2007.

Bahan :
125g gula palem/gula merah
5 kuning telur
3 putih telur

Campur rata :

125g tepung terigu,
1 sdt peres kayumanis bubuk,
½ sdtpala bubuk,
¼ sdt cengkih bubuk

Taburan :

50g kenari, iris tipis –> nggak pake, nggak punya

Cara :

1. Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem sampai kental dan naik.
2. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata.
3. Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang
sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung.
4. Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang). Taburi irisan kenari. Panggang terus sampai matang, angkat. Potong menurut selera.

———-

Foto Cara Pembuatan

Berhubung pas bikinnya sambil setengah terlena, jadi yang kefoto cuman pas kue mau masuk oven sama setelah mateng aja, hihihi….

Onbitjkoek-adonan copy

Onbitjkoek-matang copy

Onbitjkoek_

———–

Review:

– Bikinnya nggak susah
– Nggak pake mentega, konon katanya nanti makannya kuenya diolesin mentega gituu…
– Kuenya seret, wakakaka… cocoknya buat minum teh atau kopi kali yaaa…
– Nggak doyan karna kalo buat aku baunya kayak rokok, huhuhuhuuu… Maaf yaa ibu2 Yasaboga, kesalahan bukan pada resepnya tapi pada selera saya, hihhihihi…

KBB-11 Lulus

Categories: Klub Berani Baking
  1. May 30, 2009 at 6:14 am

    u r great.
    great hands
    great brain
    great mom …🙂

  2. May 30, 2009 at 6:15 am

    wish i could understand the instruction…

  3. June 1, 2009 at 7:31 am

    aku yo gak doyan biasane kue rempah2an, tp kmr enakk, cuman pas udah dingin seret 😀

  4. June 5, 2009 at 12:23 pm

    dah nyoba yang dikasih butter Mak. Aroma butternya nyamarin bau rempahnya. Anakku juga baru doyan pas aq bikin yg dikasih butter cair. ^_^

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: