Home > Klub Berani Baking > KBB 12 – Cheese Souffle

KBB 12 – Cheese Souffle

Berjumpa lagi di tantangan Klub Berani Baking yang ke 12… Kali ini bikin souffle rasa keju, hehehee…

kbb12logo

Resepnya di bawah ini:

Cheese Souffles

Sumber: The Perfect Cookbook by David Herbert. Penguin Books Australia Ltd 2003.

Ingredients/Bahan-bahan:

* 100g unsalted butter / mentega tawar
* ½ cup plain (all-purpose) flour / tepung terigu
* 300ml milk / susu
* 1 cup grated cheddar / cheddar parut
* 2 Tbs / sdM freshly grated parmesan / parmesan parut (nggak pake, nggak punya)
* ½ tsp Dijon mustard / mustard Dijon (nggak pake, nggak tau apa ini, hihihih)
* pinch / sejumput cayenne pepper (ganti lada aja, hehehehe)
* 4 eggs / telur, separated / pisahkan

Cara Pembuatan:
Directions/Cara Pembuatan:

Preheat the oven to 190C (375F, Gas Mark 5). Grease and lightly flour six ½-cup-capacity souffle dishes.

Melt butter in a small saucepan over low heat. Add the flour and cook, stirring constantly, for 1 minute. Gradually add the milk and whisk continuously over medium heat until the mixture is smooth, thickens and comes to the boil. Allow to cool for 5 minutes.
Lelehkan mentega di panci kecil dengan api kecil. Tambahkan tepung lalu masak sambil diaduk-aduk selama 1 menit. Tambahkan susu sedikit demi sedikit dan whisk terus menerus dengan api sedang hingga adonan lembut, mengental dan mendidih. Biarkan dingin sejenak selama 5 menit.

Panaskan oven suhu 190C (375F, Gas Mark 5). Minyaki/olesi mentega dan taburkan tepung loyang souffle dengan kapasitas ½ cup sebanyak 6 buah.

Yulia - Cheese Souffle-step1

Transfer the mixture to a bowl and stir in the cheddar, parmesan, mustard and cayenne pepper. Mix well.
Pindahkan adonan ke dalam mangkuk dan masukkan keju cheddar, parmesan, mustard dan cayenne pepper. Aduk rata.

Lightly beat the egg yolks and add these to the cheese mixture. Mix well.

Kocok ringan kuning telur dan masukkan ke dalam adonan keju. Aduk rata.

With an electric mixer, whisk the egg whites in a clean bowl until firm peaks form. Fold a quarter of the whites through the cheese mixture to slacken it slightly, then gently fold through the remaining whites.

Kocok putih telur menggunakan electric mixer hingga mencapai firm peak. Masukkan seperempat adonan putih telur ke dalam adonan keju untuk sedikit ‘melemaskan’ adonan, lalu masukkan sisanya perlahan.

Yulia - Cheese Souffle-step2

Spoon the mixture into the prepared dishes and bake for 20-25 minutes, or until risen and golden. Don’t be tempted to open the oven until the souffles have risen. Serve immediately.

Sendokkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan lalu panggang selama 20-25 menit, atau hingga mengembang naik dan kecoklatan. Jangan tergoda untuk membuka oven sebelum souffles betul-betul sudah mengembang/naik. Hidangkan segera.

Yulia - Cheese Souffle-step3

Hasilnya, udah bolong ada yang nyongkel….

Yulia - Cheese Souffle

Hahahahha ada yang doyaaan…

Yulia - Cheese Souffle_kintan

Yulia - Cheese Souffle_kintan_

Review:

Bikinnya gampang banget kok, rasanya juga enak, kalo buat anak2 biasanya doyan banget karna testurnya kayak busa. Dalemnya bisa dikasih isian sayur atau sosis atau apa aja kesukaan anak2… Selamat mencoba!

Categories: Klub Berani Baking
  1. nop
    July 30, 2009 at 5:49 am

    Maki, ngeliat si Kintan bikin ngiler deh!
    ngeces banged sayah rasanya..
    bisa ga dimasukin dlm orderan yg hari inih..
    huhuhuuuu.. pliiisss..

    kaya nya yg dimakan si kintan sedap bgt tuh
    sluuurrrph..

  2. July 30, 2009 at 6:15 am

    mak…looks so yummy……… (ngeces mode on)

  3. nop
    July 30, 2009 at 12:32 pm

    sofle nya enaaakkk..!
    Makasih ya Maki.. udah enak, banyak, gretong pula!
    barakallah ya Maki..
    tambah laris, tambah sukses
    amiiinnn..

    ***ma’ap banget, rombongan kurir td😦 lupa saya kasih minum saking seneng nya kedatangan ribuan cupcakes..
    ribuan??? maksut loooo..??? gyahahaaaa***

    whateverlah, poko nya banyak2 makasih yaaaaaaaaaaaaaaa

  4. nop
    July 30, 2009 at 12:42 pm

    *balik lagi ahhh..*

    suwer enak.. mo ngembat sebiji lg, tp malu sama body..
    wakakakkk.. pdhl msh pengen sih..
    *dasar rakooosss*

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: